{VISI DAN MISI Visi : Menjadi SMK yang mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah yang kompeten dan berakhlak mulia untuk mengisi pasar kerja di Era Globalisasi. Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat menengah yang berkualitas dalam bidang bisnis dan menejemen.}

CBS XII

 Pada motor ada dua sistem pengereman yakni  ABS dan CBS. ABS sendiri adalah kepanjangan Anti-Lock Brake System, sementara CBS  adalah Combi Brake System.

Meski sama sama rem, dari namanya berbeda,  maka fungsinya pun sesunggungnya berbeda pula. Apa saja perbedaannya. Mari kita cermati: 



Begini Kerja CBS

  • CBS berfungsi mengoptimalkan sistem pengereman melalui rem depan dan belakang yang bekerja bersamaan
  • CBS sebenarnya merupakan nama yang dipakai Honda, untuk menyebut sistem pengereman kombinasi.
  • Cara kerjanya lebih sederhana karena mengandalkan sistem mekanikal.
  • Umumnya skutik Honda dengan fitur CBS punya tuas rem sebelah kiri yang dilengkapi equalizer yang bercabang ke dua kabel.
  • Satu kabel langsung ke rem belakang dan satu kabel lagi ke kabel konektor.
  • Kabel konektor ini akan menarik knocker untuk mendorong piston hidrolik di master rem depan.
  • Itulah kenapa saat menekan tuas rem belakang yang ada di sisi kiri setang, rem depan bisa otomatis ikut bekerja.

Cara Kerja ABS

  • Teknologi ABS memungkinkan ban motor tidak mengunci dan selip saat pengendara melakukan hard braking atau pengereman secara mendadak.
  • Kemampuan ABS dalam mencegah ban selip, berasal dari sensor yang terpasang di piringan cakram.
  • Sensor itu terhubung ke ECU (Electronic Control Unit) yang akan membaca sensor saat cakram dan ban terdeteksi mengunci ketika motor melaju.
  • Ketika terjadi fenomena ban mengunci, rem ABS secara otomatis akan melonggarkan tekanan minyak rem yang membuat piston akan tertarik, sehingga pengereman otomatis terlepas untuk memungkinkan ban kembali bergulir.
  • Dalam hitungan cepat dalam mili second, rem akan otomatis aktif kembali sehingga handling tetap terjaga.
  • Singkatnya, kerja ABS mirip seperti kita mengocok rem, tapi secara otomatis.

Demikianlah perbedaan dua sistem rem ini. Semoga  informasi ini bisa bermanfaat bagi pemilik sekaligus pengendara motor

Tips Setel Rem Combi Brake System (CBS), Jangan Asal Biar Tidak Membahayakan

July 3, 2019
tips-setel-rem-combi-brake-system-cbs

Moladin – Combi Brake System (CBS) atau fitur pengaman tambahan untuk sistem pengereman, sudah diaplikasi pada beberapa varian motor matic Honda seperti Honda Beat, Vario CW 110 FI, Vario 125 eSP dan Vario 150 eSP. Indentitasnya bisa dilihat pada tulisan yang tertera pada cover bodi motor.

CBS adalah system pengereman yang menggabungkan antara rem depan dan rem belakang. Fitur ini akan berfungsi ketika tuas rem kiri ditekan, maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan tadi menjadi dua.

Satu menuju rem pada roda belakang, sedangkan satunya lagi menuju ketuas ungkit knocker guna menekan piston hidrolik rem depan. Makanya kekuatan pengereman akan terbagi secara otomatis.

 

Atur Hingga Rem Belakang CBS Lebih Dominan

Akan tetapi buat sobat Moladiners penunggang skubek Honda yang dibekali teknologi rem CBS (Combi Brake System), ada hal yang harus diperhatikan. Terutama masalah penyetelan toleransi CBS ketika salah satu kampasnya mulai menipis. Awas, jangan sampai salah memperlakukannya. Bisa-bisa teknologi ini bukan jadi penyelamat, tapi malah bisa mencelakakan.

setel rem belakangSetel rem belakang rem CBS lebih dominan dibanding rem depan | Foto: Contributor Moladin

Seperti dialami Rudiyanto, pengguna Vario 110 CBS lansiran 2011. Merasa fungsi CBS kurang terasa saat digunakan, Rudi coba menyetel ulang fungsi CBS. Porsi setelan CBS untuk rem depan ditambah. Efeknya, dengan sedikit menekan tuas rem belakang, rem depan sudah ikut bekerja. Alhasil, fungsi rem menjadi lebih menggigit saat kondisi jalan mulus. Cuma di kondisi jalan berkerikil, rem CBS ini menjadi senjata makan tuan.

“Saat kondisi jalan berkerikil, naluri pengendara pasti akan mengurangi penggunaan rem depan agar tidak selip. Namun karena motor bertipe CBS, saat saya menarik tuas rem belakang, ban depan malah ikut terkunci dan membuat saya terjatuh. Ini imbas dari salah penyetelan yang saya lakukan,” kata Rudi yang tinggal di jalan Moh. Khafi II, Srengseng, Jakarta Selatan.

Nah, biar tak menggelosor seperti Rudi, yuk atur ulang CBS di tunggangan. Porsi penggunaan rem belakang pada sistem CBS yang berada di tuas kiri, harus lebih besar dari rem depan. Ini untuk meminimalkan gejala selip pada saat-saat tertentu.

 

Putar Baut Searah Jarum Jam

Penyetelannya, buka cover setang. Tampak baut setelan yang posisinya ada di bawah master rem depan. Putar baut searah jarum jam akan membuat ketegangan kabel berkurang. Atau setel jarak handle rem sekitar 10-20 mm hingga efek pengereman roda depan pada CBS akan berkurang.

putar searah jarum jamPutar baut searah jarum jam agar ketegangan kabel berkurang | Foto: Contributor Moladin

“Lanjut putar mur penyetel sampai posisi knocker tepat berada di tengah atau sampai tuas rem kanan longgar. Pastikan tidak ada celah antara handle rem depan dengan dudukan rem. Selanjutnya setel kembali tuas handle rem kiri hingga penggunaan rem belakang di Combi Brake System (CBS) lebih dominan dibanding rem depan,” anjur Waluyo mekanik bengkel resmi Honda Cengkareng di jalan Lingkar Luar Barat, No. 12A, Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Gampang kan.



FAKTA CBS
Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar sistem rem CBS (Combi Brake System):

### Fakta-fakta Seputar Rem CBS (Combi Brake System)

1. **Sistem Rem Kombinasi**  
   CBS (Combi Brake System) adalah sistem rem yang menggabungkan pengereman roda depan dan belakang secara bersamaan dengan satu tuas rem. Ini meningkatkan stabilitas dan keamanan saat pengereman, terutama bagi pengendara pemula.

2. **Pengereman Lebih Stabil**  
   Dengan CBS, ketika pengendara menekan tuas rem belakang, sebagian dari kekuatan pengereman juga diterapkan pada roda depan. Hal ini membantu mencegah penguncian roda belakang dan menjaga keseimbangan kendaraan selama pengereman.

3. **Populer pada Skuter Matik**  
   CBS banyak digunakan pada skuter matik (automatic scooters) dan sepeda motor kecil, khususnya di negara-negara seperti Indonesia dan India, di mana sistem ini membantu pengendara yang mungkin kurang terampil dalam mengelola pengereman depan dan belakang secara terpisah.

4. **Bukan Pengganti ABS**  
   CBS berbeda dari ABS (Anti-lock Braking System). Sementara CBS menggabungkan pengereman depan dan belakang, ABS mencegah roda terkunci selama pengereman mendadak. Beberapa kendaraan dilengkapi dengan CBS dan ABS untuk meningkatkan keselamatan.

5. **Mengurangi Jarak Pengereman**  
   CBS dapat membantu mengurangi jarak pengereman dengan mendistribusikan gaya pengereman ke kedua roda, yang dapat meningkatkan efisiensi pengereman secara keseluruhan.

6. **Mudah Digunakan**  
   CBS dirancang untuk kemudahan penggunaan, terutama bagi pengendara yang belum terbiasa dengan pengereman ganda. Dengan menekan satu tuas rem, sistem secara otomatis mengatur distribusi pengereman, membuatnya lebih mudah dan intuitif.

7. **Keamanan Lebih Baik di Jalan Basah**  
   Pada kondisi jalan yang basah atau licin, CBS membantu mencegah roda belakang tergelincir saat pengereman mendadak, karena rem depan dan belakang bekerja bersamaan, memberikan keamanan lebih baik.

8. **Regulasi di Beberapa Negara**  
   Di beberapa negara, penggunaan CBS atau ABS telah menjadi persyaratan hukum untuk sepeda motor dengan kapasitas mesin tertentu. Ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan keselamatan di jalan.

9. **Kompatibilitas dengan Rem Tromol dan Cakram**  
   CBS dapat diaplikasikan pada kendaraan yang menggunakan rem cakram maupun rem tromol. Sistem ini dirancang untuk bekerja dengan berbagai jenis konfigurasi rem yang ada pada sepeda motor.

10. **Pemeliharaan Sistem CBS**  
    CBS memerlukan pemeliharaan rutin seperti sistem rem lainnya. Namun, karena menggabungkan dua sistem pengereman, penting untuk memastikan bahwa kedua rem depan dan belakang dalam kondisi baik untuk kinerja optimal.

Sistem CBS adalah inovasi penting dalam teknologi rem sepeda motor, memberikan pengendara tambahan keamanan dan kenyamanan, terutama di kondisi jalan yang tidak ideal.

SOAL CBS

Berikut adalah contoh soal tentang sistem rem CBS (Combi Brake System) yang dirancang untuk menilai lima dimensi kompetensi: Pengetahuan, Keterampilan, Sikap, Perilaku, dan Karakteristik Pribadi.

---

### **Soal Sistem Rem CBS Kelas X SMK**

**A. Pengetahuan (Knowledge)**

1. **Jelaskan** bagaimana cara kerja sistem rem CBS pada sepeda motor!  
   *Jawaban: Sistem rem CBS bekerja dengan menggabungkan pengereman roda depan dan belakang secara bersamaan ketika pengendara menekan tuas rem belakang. Sebagian gaya pengereman diteruskan ke roda depan untuk meningkatkan stabilitas dan efektivitas pengereman.*

2. **Sebutkan kelebihan** sistem rem CBS dibandingkan dengan sistem rem konvensional tanpa CBS!  
   *Jawaban: Kelebihan sistem rem CBS meliputi pengereman yang lebih stabil, jarak pengereman yang lebih pendek, peningkatan keselamatan di kondisi jalan licin, dan kemudahan penggunaan bagi pengendara pemula.*

**B. Keterampilan (Skills)**

3. **Praktikkan** pengecekan dan penyesuaian rem CBS pada sepeda motor!  
   *Instruksi: Lakukan pengecekan fungsi rem CBS, termasuk memastikan bahwa rem depan dan belakang berfungsi dengan baik saat tuas rem belakang ditekan. Lakukan penyesuaian jika diperlukan dan pastikan rem bekerja dengan optimal.*

4. **Tunjukkan** cara melakukan penggantian kampas rem pada sistem rem CBS!  
   *Instruksi: Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, lepaskan komponen yang perlu diganti dengan hati-hati, pasang kampas rem baru, dan pastikan semua komponen terpasang dengan benar sebelum melakukan pengujian.*

**C. Sikap (Attitude)**

5. **Mengapa penting** untuk memeriksa kondisi sistem rem CBS secara berkala?  
   *Jawaban: Memeriksa kondisi sistem rem CBS secara berkala penting untuk memastikan keamanan dan kinerja optimal kendaraan, mencegah kecelakaan, serta memperpanjang umur komponen rem.*

6. **Bagaimana Anda** akan bertindak jika menemukan bahwa sistem rem CBS pada motor tidak berfungsi dengan baik?  
   *Jawaban: Jika menemukan masalah pada sistem rem CBS, saya akan segera menghentikan penggunaan kendaraan, melakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan jika diperlukan, segera memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak sebelum digunakan kembali.*

**D. Perilaku (Behavior)**

7. **Jelaskan** bagaimana cara Anda menyampaikan kepada pelanggan pentingnya sistem rem CBS dan bagaimana merawatnya dengan baik.  
   *Jawaban: Saya akan menjelaskan kepada pelanggan bahwa sistem rem CBS sangat penting untuk keselamatan mereka, terutama di kondisi jalan yang licin atau saat melakukan pengereman mendadak. Saya akan memberikan panduan sederhana tentang cara merawat rem secara rutin, seperti memeriksa kampas rem dan memastikan minyak rem dalam kondisi baik.*

8. **Simulasikan** bagaimana Anda akan berinteraksi dengan rekan kerja saat melakukan servis sistem rem CBS pada sepeda motor.  
   *Instruksi: Bekerja sama dengan rekan kerja, bagikan tugas secara adil, pastikan komunikasi yang jelas tentang langkah-langkah yang harus dilakukan, dan saling membantu untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan efisien.*

**E. Karakteristik Pribadi (Personal Characteristics)**

9. **Mengapa kesabaran** diperlukan saat menangani masalah yang kompleks pada sistem rem CBS?  
   *Jawaban: Kesabaran sangat penting saat menangani masalah kompleks pada sistem rem CBS karena dibutuhkan waktu untuk mendiagnosis masalah secara akurat, menemukan solusi yang tepat, dan memastikan bahwa perbaikan dilakukan dengan benar untuk menjamin keselamatan pengendara.*

10. **Bagaimana cara Anda** meningkatkan pengetahuan tentang teknologi terbaru dalam sistem rem, termasuk CBS, untuk menjadi teknisi yang lebih baik?  
    *Jawaban: Saya akan terus belajar melalui pelatihan, membaca literatur teknis, mengikuti seminar atau workshop, dan bertukar informasi dengan rekan-rekan sejawat. Dengan demikian, saya bisa selalu up-to-date dengan perkembangan terbaru dalam teknologi rem, termasuk CBS.*

---

Soal-soal di atas dirancang untuk mengukur pemahaman siswa mengenai sistem rem CBS, serta kemampuan teknis, sikap profesional, perilaku dalam tim, dan karakteristik pribadi yang mendukung kesuksesan di bidang otomotif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama