ISI DATA LENGKAP disini
HASIL disini kebonjeruksmk3@gmail.com
DATA 2027 TBSM XII
1. DIMAS
2.RAVIF
3.ASSA
4.DENI
5.M.ROBIUL
6.RIDHO
7.WILDAN
8.DAFFA
9.PASYA
10.AZRIL
11.RAGIL
12.ZHILAL
DATA 2026 TBSM XII
1.ABDULLAH ZEIN
2.ADI MAULANA AKBAR
3.ALDI SURYA SAPUTRA
4.ARI RAYA SAPUTRA
5.DAVIE RAAFI AKBAR
6.DICA MULIA RAMADHAN
7.DIMAS RAFI MUHAMMAD
8.FARHAT ALBANTANI
9.HIBAR RAJA RAMDANI
10.IZAL ZUBAIR
11.MUHAMMAD KHOIRUL UBAD
12.NUR MAULANA YUSUF
13.QAIS ABZARI
14.REYVALDI FABIAN NUGRAHA
15.M. HASAN ASY'ARI
DATA 2025 TBSM XII
1.ADITYA ANANTA
2.ALVIN SAPUTRA
3.FIKRY ALDIRA FIMA RIYOGA
4.M. HASAN ASY'ARI
5.MOHAMMAD ARYA DAMAR
6.MUHAMAD ARDIYANSAH
7.MUHAMAD FAREL WIJAYA
8.MUHAMMAD SAIFUL
9.NURUL ILHAM
10.PASHA RIZKY RAMADHANI
11.RIDHO FADIR ALAMSYAH
12.RIZKY FEBRI AL FAJRI
13.TEGAR RAMADHAN
DATA 2024 TBSM XII
1.ACHMAD SOFYAN
2.AWAN FITRAH
3.DIMAS KRIISTIAWAN
4.GALANG ANDHIKA RAMADHAN
5.GALANG ASTAMA
6.IBRAHIMOVIC SYARIF
7.MOHAMAD ALVIANTO
8.MUHAMAD MUJIANTO
9.MUHAMMAD NAJRIL PRATAMA
10.WILDANUL KAUTSAR
KLS X
MENGENAL KOMPONEN
KLS XI
MENCARI TROBLE
KLS XII
MENCIPTAKAN
Apa saja metode pembelajaran kurikulum merdeka?
METODE PEMBELAJARAN disini
CONTOH MASALAH PBL
Tentu, berikut adalah contoh 10 masalah pembelajaran (problem-based learning) yang dapat dihadapi oleh siswa SMK Bisnis Sepeda Motor:
Berikut adalah 10 contoh masalah umum yang dapat terjadi pada motor Yamaha Mio beserta cara menanganinya:
1. **Mesin Sulit Hidup (Hard Starting):**
- **Penanganan:** Periksa busi, filter udara, dan sistem bahan bakar. Pastikan busi dalam kondisi baik, filter udara tidak tersumbat, dan bahan bakar mencukupi.
2. **Mesin Mati Mendadak (Stall):**
- **Penanganan:** Periksa sistem pengapian dan karburator. Pastikan busi bersih dan memiliki percikan api yang kuat. Bersihkan karburator jika perlu.
3. **Suara Berisik dari Mesin (Engine Noise):**
- **Penanganan:** Periksa oli mesin, rantai distribusi, dan komponen mesin lainnya. Gantilah oli jika sudah waktunya dan pastikan semua komponen dalam kondisi baik.
4. **Sistem Pendingin Overheat:**
- **Penanganan:** Periksa tingkat cairan pendingin dan kipas pendingin. Pastikan cairan pendingin mencukupi dan kipas berfungsi dengan baik.
5. **Rem Tidak Berfungsi dengan Baik:**
- **Penanganan:** Periksa kampas rem dan cairan rem. Gantilah kampas rem jika aus dan pastikan cairan rem dalam kondisi yang baik.
6. **Lampu Mati:**
- **Penanganan:** Periksa soket lampu, kabel, dan bola lampu. Gantilah bola lampu yang rusak dan periksa sambungan kabel.
7. **Baterai Mati:**
- **Penanganan:** Cek kondisi baterai dan alternator. Gantilah baterai jika perlu dan pastikan alternator berfungsi dengan baik.
8. **Gigi Tidak Beralih Dengan Lancar (Gear Shifting Problem):**
- **Penanganan:** Periksa kabel kopling dan minyak kopling. Pastikan kabel kopling tidak aus dan minyak kopling mencukupi.
9. **Suspensi Tidak Nyaman (Ride Comfort Issue):**
- **Penanganan:** Periksa suspensi depan dan belakang. Sesuaikan tingkat kekerasan suspensi sesuai dengan preferensi Anda.
10. **Knalpot Berisik (Exhaust Noise):**
- **Penanganan:** Periksa knalpot dan dudukan. Pastikan semua baut dan dudukan dalam kondisi baik, dan ganti knalpot jika diperlukan.
Selalu ingat untuk melakukan perawatan rutin pada motor Anda dan, jika Anda tidak yakin bagaimana menangani masalah tertentu, sebaiknya hubungi bengkel motor yang terpercaya atau teknisi yang berpengalaman. Juga, selalu gunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai saat melakukan perawatan atau perbaikan motor.
Berikut adalah 10 contoh masalah umum yang dapat terjadi pada motor Yamaha Mio beserta cara menanganinya:
1. **Mesin Sulit Hidup (Hard Starting):**
- **Penanganan:** Periksa busi, filter udara, dan sistem bahan bakar. Pastikan busi dalam kondisi baik, filter udara tidak tersumbat, dan bahan bakar mencukupi.
2. **Mesin Mati Mendadak (Stall):**
- **Penanganan:** Periksa sistem pengapian dan karburator. Pastikan busi bersih dan memiliki percikan api yang kuat. Bersihkan karburator jika perlu.
3. **Suara Berisik dari Mesin (Engine Noise):**
- **Penanganan:** Periksa oli mesin, rantai distribusi, dan komponen mesin lainnya. Gantilah oli jika sudah waktunya dan pastikan semua komponen dalam kondisi baik.
4. **Sistem Pendingin Overheat:**
- **Penanganan:** Periksa tingkat cairan pendingin dan kipas pendingin. Pastikan cairan pendingin mencukupi dan kipas berfungsi dengan baik.
5. **Rem Tidak Berfungsi dengan Baik:**
- **Penanganan:** Periksa kampas rem dan cairan rem. Gantilah kampas rem jika aus dan pastikan cairan rem dalam kondisi yang baik.
6. **Lampu Mati:**
- **Penanganan:** Periksa soket lampu, kabel, dan bola lampu. Gantilah bola lampu yang rusak dan periksa sambungan kabel.
7. **Baterai Mati:**
- **Penanganan:** Cek kondisi baterai dan alternator. Gantilah baterai jika perlu dan pastikan alternator berfungsi dengan baik.
8. **Gigi Tidak Beralih Dengan Lancar (Gear Shifting Problem):**
- **Penanganan:** Periksa kabel kopling dan minyak kopling. Pastikan kabel kopling tidak aus dan minyak kopling mencukupi.
9. **Suspensi Tidak Nyaman (Ride Comfort Issue):**
- **Penanganan:** Periksa suspensi depan dan belakang. Sesuaikan tingkat kekerasan suspensi sesuai dengan preferensi Anda.
10. **Knalpot Berisik (Exhaust Noise):**
- **Penanganan:** Periksa knalpot dan dudukan. Pastikan semua baut dan dudukan dalam kondisi baik, dan ganti knalpot jika diperlukan.
Selalu ingat untuk melakukan perawatan rutin pada motor Anda dan, jika Anda tidak yakin bagaimana menangani masalah tertentu, sebaiknya hubungi bengkel motor yang terpercaya atau teknisi yang berpengalaman. Juga, selalu gunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai saat melakukan perawatan atau perbaikan motor.
1. Perubahan Teknologi: Siswa mungkin mengalami kesulitan dalam mengikuti perkembangan teknologi terbaru dalam sepeda motor, seperti sistem injeksi bahan bakar atau motor listrik.
2. Kurangnya Keterampilan Praktis: Beberapa siswa mungkin memiliki keterampilan teoritis yang kuat tetapi kurang dalam hal keterampilan praktis, seperti perbaikan sepeda motor atau penggantian komponen.
3. Keselamatan dalam Berkendara: Kesadaran tentang pentingnya keselamatan berkendara mungkin rendah, sehingga menghadapi masalah dalam mengajarkan perilaku berkendara yang aman.
4. Masalah Lingkungan: Bagaimana meminimalkan dampak lingkungan dari sepeda motor dan mempromosikan penggunaan sepeda motor yang ramah lingkungan.
5. Peraturan dan Kepatuhan: Siswa mungkin perlu memahami berbagai peraturan lalu lintas dan perundang-undangan yang berkaitan dengan sepeda motor.
6. Pelanggan dan Layanan Pelanggan: Bagaimana memberikan pelayanan pelanggan yang baik dalam bisnis sepeda motor, termasuk komunikasi yang efektif dengan pelanggan.
7. Masalah Pasar: Memahami tren pasar dalam industri sepeda motor dan strategi pemasaran yang efektif.
8. Keterampilan Manajemen Bisnis: Bagaimana mengelola bisnis sepeda motor dari aspek keuangan, persediaan, dan operasional.
9. Teknologi Diagnostik: Penggunaan alat diagnostik modern untuk mengidentifikasi masalah sepeda motor dan mengatasi mereka.
10. Etika dan Tanggung Jawab Sosial: Kesadaran tentang tanggung jawab sosial dan etika dalam bisnis sepeda motor, seperti pengelolaan limbah atau partisipasi dalam kegiatan sosial.
Setiap masalah pembelajaran ini dapat menjadi titik awal untuk mengembangkan proyek pembelajaran berbasis masalah yang menantang siswa dalam menjelajahi aspek-aspek berbeda dari bisnis sepeda motor dan mempromosikan pemahaman mendalam mereka tentang topik ini.
Tentu, berikut adalah contoh 10 topik pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) yang cocok untuk SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM):
1. **Perbaikan Mesin Sepeda Motor:** Siswa diberi masalah dengan sepeda motor yang mengalami masalah mesin tertentu, dan mereka harus mendiagnosis, merencanakan, dan melaksanakan perbaikan yang diperlukan.
2. **Manajemen Layanan Pelanggan:** Siswa diberi situasi di mana mereka harus menangani keluhan pelanggan atau memberikan layanan pelanggan yang luar biasa dalam konteks bengkel sepeda motor.
3. **Pengembangan Produk Baru:** Siswa diminta untuk merancang konsep sepeda motor baru dengan fitur-inovatif yang memenuhi kebutuhan pasar dan aturan emisi.
4. **Analisis Keuangan Bengkel:** Siswa diberi tugas untuk menganalisis laporan keuangan sebuah bengkel sepeda motor, mengidentifikasi masalah potensial, dan mengusulkan solusi untuk perbaikan.
5. **Pengelolaan Inventaris:** Siswa harus merencanakan dan mengelola inventaris suku cadang untuk bengkel sepeda motor dengan memperhatikan permintaan pelanggan dan siklus hidup produk.
6. **Penggunaan Teknologi Diagnostik:** Siswa harus memahami dan menggunakan peralatan diagnostik canggih untuk mengidentifikasi masalah mesin sepeda motor.
7. **Pemeliharaan Berkala:** Siswa diminta untuk merencanakan dan melaksanakan jadwal pemeliharaan berkala untuk sepeda motor, termasuk perawatan preventif yang tepat.
8. **Manajemen Resiko Keselamatan:** Siswa harus mengidentifikasi potensi risiko keselamatan yang terkait dengan perawatan atau perbaikan sepeda motor dan merancang tindakan pencegahan.
9. **Pemasaran Bengkel Sepeda Motor:** Siswa perlu merancang rencana pemasaran yang efektif untuk meningkatkan pangsa pasar bengkel mereka dan menarik lebih banyak pelanggan.
10. **Etika dalam Bisnis Sepeda Motor:** Siswa diberi skenario yang melibatkan pertanyaan etis dalam bisnis sepeda motor, seperti pemilihan suku cadang atau praktik harga yang adil.
Setiap topik ini dapat diubah menjadi kasus masalah yang dapat dipecahkan oleh siswa sebagai bagian dari pembelajaran berbasis masalah mereka. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk memadukan pengetahuan teoritis dengan keterampilan praktis dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia bisnis sepeda motor.
PJBL
Tentu, berikut adalah 10 contoh pembelajaran berbasis Project Based Learning yang sesuai untuk SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM):
1. **Desain dan Pembuatan Prototipe Sepeda Motor Listrik:** Siswa dapat merancang, membangun, dan menguji prototipe sepeda motor listrik yang ramah lingkungan.
2. **Analisis Keamanan Berkendara Sepeda Motor:** Siswa dapat melakukan penelitian tentang faktor-faktor keamanan berkendara sepeda motor dan mengembangkan kampanye kesadaran keamanan berkendara.
3. **Pengembangan Sistem Manajemen Bengkel:** Siswa dapat merancang dan mengimplementasikan sistem manajemen bengkel berbasis perangkat lunak untuk mengoptimalkan operasi harian bengkel sepeda motor.
4. **Rancang Bangun Sistem Pengisian Kendaraan Listrik:** Siswa dapat merancang sistem pengisian kendaraan listrik di bengkel, termasuk penggunaan panel surya untuk sumber energi.
5. **Pengembangan Sistem Pelaporan Kinerja Bengkel:** Siswa dapat menciptakan sistem pelaporan yang mengukur efisiensi bengkel dalam menyelesaikan perbaikan dan layanan pelanggan.
6. **Studi Kelayakan Bisnis Bengkel Sepeda Motor:** Siswa dapat melakukan studi kelayakan bisnis untuk membuka bengkel sepeda motor baru, termasuk perencanaan anggaran dan proyeksi pendapatan.
7. **Pengembangan Materi Pelatihan Keselamatan Berkendara:** Siswa dapat merancang materi pelatihan keselamatan berkendara yang dapat digunakan untuk pelanggan dan calon pengemudi sepeda motor.
8. **Rancang Bangun Sistem Pelacakan Inventaris:** Siswa dapat merancang sistem pelacakan inventaris yang otomatis untuk memantau stok suku cadang dan peralatan di bengkel.
9. **Pengembangan Kampanye Pemasaran Digital:** Siswa dapat membuat kampanye pemasaran digital untuk mempromosikan bengkel sepeda motor, termasuk penggunaan media sosial, iklan online, dan SEO.
10. **Studi Kasus Perbaikan Sepeda Motor:** Siswa dapat memilih sepeda motor dengan masalah tertentu, mendiagnosis masalah tersebut, merencanakan perbaikan, dan melaksanakannya, lalu menyajikan hasilnya dalam laporan.
Setiap proyek ini memungkinkan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam konteks nyata, mempromosikan pemecahan masalah, kerja tim, dan keterampilan berpikir kritis, sambil meningkatkan pemahaman mereka tentang bisnis dan teknologi sepeda motor.
Tentu, berikut adalah 10 topik pembelajaran berbasis Project Based Learning yang cocok untuk SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM):
1. **Desain dan Pembuatan Prototipe Sepeda Motor Listrik:** Siswa dapat merancang, membangun, dan menguji prototipe sepeda motor listrik yang ramah lingkungan.
2. **Analisis Keamanan Berkendara Sepeda Motor:** Siswa dapat melakukan penelitian tentang faktor-faktor keamanan berkendara sepeda motor dan mengembangkan kampanye kesadaran keamanan berkendara.
3. **Pengembangan Sistem Manajemen Bengkel:** Siswa dapat merancang dan mengimplementasikan sistem manajemen bengkel berbasis perangkat lunak untuk mengoptimalkan operasi harian bengkel sepeda motor.
4. **Rancang Bangun Sistem Pengisian Kendaraan Listrik:** Siswa dapat merancang sistem pengisian kendaraan listrik di bengkel, termasuk penggunaan panel surya untuk sumber energi.
5. **Pengembangan Sistem Pelaporan Kinerja Bengkel:** Siswa dapat menciptakan sistem pelaporan yang mengukur efisiensi bengkel dalam menyelesaikan perbaikan dan layanan pelanggan.
6. **Studi Kelayakan Bisnis Bengkel Sepeda Motor:** Siswa dapat melakukan studi kelayakan bisnis untuk membuka bengkel sepeda motor baru, termasuk perencanaan anggaran dan proyeksi pendapatan.
7. **Pengembangan Materi Pelatihan Keselamatan Berkendara:** Siswa dapat merancang materi pelatihan keselamatan berkendara yang dapat digunakan untuk pelanggan dan calon pengemudi sepeda motor.
8. **Rancang Bangun Sistem Pelacakan Inventaris:** Siswa dapat merancang sistem pelacakan inventaris yang otomatis untuk memantau stok suku cadang dan peralatan di bengkel.
9. **Pengembangan Kampanye Pemasaran Digital:** Siswa dapat membuat kampanye pemasaran digital untuk mempromosikan bengkel sepeda motor, termasuk penggunaan media sosial, iklan online, dan SEO.
10. **Studi Kasus Perbaikan Sepeda Motor:** Siswa dapat memilih sepeda motor dengan masalah tertentu, mendiagnosis masalah tersebut, merencanakan perbaikan, dan melaksanakannya, lalu menyajikan hasilnya dalam laporan.
Setiap proyek ini memungkinkan siswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam konteks nyata, mempromosikan pemecahan masalah, kerja tim, dan keterampilan berpikir kritis, sambil meningkatkan pemahaman mereka tentang bisnis dan teknologi sepeda motor.
DISCOVERY LEARNING
Tentu, berikut adalah 10 topik pembelajaran berbasis Discovery Learning yang sesuai untuk SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM):
1. **Penemuan Bagian-bagian Mesin Sepeda Motor:** Siswa dapat diberikan kesempatan untuk memeriksa dan mengidentifikasi berbagai komponen mesin sepeda motor secara langsung, sehingga mereka dapat memahami fungsinya.
2. **Penelitian Teknologi Mesin Terbaru:** Siswa dapat melakukan riset mandiri untuk menemukan teknologi terbaru dalam mesin sepeda motor, seperti injeksi bahan bakar, sistem pendingin, atau sistem transmisi.
3. **Studi Kasus Masalah Mesin:** Siswa dapat memeriksa sepeda motor yang mengalami masalah mesin tertentu dan bekerja sama untuk mendiagnosis dan merencanakan perbaikan.
4. **Eksplorasi Sistem Rem Sepeda Motor:** Siswa dapat memeriksa komponen sistem rem sepeda motor, seperti rem cakram, kaliper, dan master silinder, untuk memahami cara kerja dan pemeliharaannya.
5. **Pengenalan Suku Cadang dan Peralatan Bengkel:** Siswa dapat menjelajahi inventaris suku cadang dan peralatan di bengkel sepeda motor untuk mengidentifikasi fungsinya dan bagaimana mereka digunakan dalam perbaikan.
6. **Pengembangan Keterampilan Berkendara:** Siswa dapat mempraktikkan keterampilan berkendara sepeda motor di area yang aman, termasuk teknik pengendalian dan manuver.
7. **Penelitian Material Konstruksi Sepeda Motor:** Siswa dapat melakukan penelitian tentang berbagai jenis material yang digunakan dalam konstruksi sepeda motor, serta karakteristik dan kelebihan masing-masing.
8. **Penyelidikan Kebijakan Keselamatan Berkendara:** Siswa dapat melakukan penelitian tentang peraturan dan kebijakan keselamatan berkendara sepeda motor, serta peran mereka dalam menjaga keselamatan pengemudi.
9. **Pemahaman Tentang Sistem Elektrikal Sepeda Motor:** Siswa dapat menggali sistem elektrikal sepeda motor, termasuk pengkabelan, sistem pengisian, dan sistem pengapian.
10. **Kajian Studi Kasus Bisnis Bengkel Sepeda Motor:** Siswa dapat mempelajari studi kasus tentang bengkel sepeda motor yang sukses dan gagal, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan bisnis mereka.
Pendekatan Discovery Learning memberi siswa kesempatan untuk aktif mencari dan memahami pengetahuan melalui pengamatan, eksperimen, dan penelitian mandiri, yang sesuai dengan konteks pembelajaran di SMK TBSM.
inquary
Tentu, berikut adalah 10 topik pembelajaran berbasis Inquiry Learning yang sesuai untuk SMK Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM):
1. **Pengembangan Sistem Perawatan Preventif:** Siswa dapat menyelidiki bagaimana merencanakan dan melaksanakan perawatan preventif yang efektif untuk menjaga kinerja sepeda motor.
2. **Analisis Dampak Lingkungan Kendaraan Bermotor:** Siswa dapat melakukan penelitian tentang dampak lingkungan dari penggunaan sepeda motor konvensional dan mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan.
3. **Studi Keamanan Berkendara:** Siswa dapat menggali statistik kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor dan mengidentifikasi faktor-faktor risiko serta solusi pencegahan.
4. **Pengenalan Teknologi Terbaru dalam Mesin Sepeda Motor:** Siswa dapat menyelidiki teknologi mutakhir dalam mesin sepeda motor seperti kontrol elektronik, sistem injeksi bahan bakar, dan efisiensi bahan bakar.
5. **Perbandingan Antara Sepeda Motor Konvensional dan Listrik:** Siswa dapat membandingkan performa, biaya operasional, dan dampak lingkungan antara sepeda motor konvensional dan listrik.
6. **Studi Kasus Perbaikan Mesin:** Siswa dapat memilih studi kasus perbaikan mesin sepeda motor yang kompleks, mendalami masalah, mendiagnosis, dan merencanakan perbaikan.
7. **Pengembangan Proyek Inovasi Sepeda Motor:** Siswa dapat bekerja dalam kelompok untuk mengembangkan proyek inovatif terkait sepeda motor, seperti perangkat keamanan canggih atau perbaikan efisiensi bahan bakar.
8. **Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor:** Siswa dapat menjalankan "mini-bengkel" di sekolah, merencanakan operasi harian, mengelola inventaris, dan memberikan layanan kepada rekan-rekan mereka.
9. **Analisis Pasar Industri Sepeda Motor:** Siswa dapat melakukan penelitian pasar untuk memahami tren dan permintaan di industri sepeda motor, membantu dalam perencanaan bisnis.
10. **Eksplorasi Peraturan Keselamatan Berkendara:** Siswa dapat menyelidiki peraturan dan kebijakan terkait keselamatan berkendara sepeda motor di wilayah mereka, dan memahami dampaknya pada pengendara.
Pendekatan Inquiry Learning mendorong siswa untuk bertanya, menggali, dan mengejar pemahaman mereka sendiri tentang topik-topik ini dengan mengedepankan eksperimen, observasi, dan penelitian. Hal ini memberi mereka kesempatan untuk mengembangkan keterampilan penelitian dan pemecahan masalah yang kuat.