{VISI DAN MISI Visi : Menjadi SMK yang mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah yang kompeten dan berakhlak mulia untuk mengisi pasar kerja di Era Globalisasi. Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat menengah yang berkualitas dalam bidang bisnis dan menejemen.}

SOP OVERHOUL ENGINE

 Berikut adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk melakukan overhoul (pembongkaran total dan perbaikan) mesin sepeda motor matik:


---


### **SOP Overhaul Mesin Motor Matik**


#### **1. Persiapan Alat dan Bahan**

- **Alat yang dibutuhkan:**

  - Kunci pas dan kunci soket (berbagai ukuran)

  - Obeng (+) dan (-)

  - Kunci T

  - Tang dan tang snap ring

  - Palu karet

  - Feeler gauge

  - Kompresor udara

  - Mikrometer dan vernier caliper

  - Kunci pembuka CVT

  - Penghisap oli

  - Tray dan wadah untuk komponen

  - Lap bersih dan cairan pembersih (degreaser)


- **Bahan yang dibutuhkan:**

  - Oli mesin baru

  - Cairan pendingin (coolant)

  - Gasket kit

  - Seal oli

  - Paking atau packing

  - Busi baru

  - Pelumas (grease)


#### **2. Langkah-langkah Keselamatan**

- **Gunakan** alat pelindung diri (APD) seperti sarung tangan, kacamata pelindung, dan sepatu keselamatan.

- **Pastikan** area kerja bersih dan cukup terang.

- **Matikan** mesin dan cabut kunci kontak sebelum memulai pekerjaan.

- **Pastikan** mesin dalam keadaan dingin untuk menghindari luka bakar.


#### **3. Langkah-langkah Overhaul Mesin**


**A. Pembongkaran Mesin**

1. **Lepaskan Komponen Eksternal:**

   - Buka cover bodi yang menutupi mesin.

   - Lepaskan baterai untuk menghindari hubungan pendek.

   - Kuras oli mesin dan cairan pendingin.


2. **Lepas CVT:**

   - Buka cover CVT dengan menggunakan kunci yang sesuai.

   - Lepaskan puli primer dan sekunder, belt, dan roller.

   - Periksa kondisi komponen CVT dan simpan di tempat yang aman.


3. **Lepaskan Sistem Pengapian:**

   - Lepaskan busi, coil, dan kabel pengapian.

   - Periksa kondisi busi dan coil.


4. **Pembongkaran Mesin Utama:**

   - Buka head silinder dengan kunci soket.

   - Lepaskan blok silinder dan piston. Hati-hati saat melepas ring piston.

   - Periksa kondisi piston, ring, dan silinder untuk keausan atau kerusakan.

   - Lepaskan crankshaft, camshaft, dan komponen lainnya dari crankcase.


**B. Pemeriksaan dan Pengukuran Komponen**

5. **Periksa Kondisi Komponen:**

   - Gunakan mikrometer dan vernier caliper untuk mengukur diameter piston, silinder, crankshaft, dan komponen lainnya.

   - Periksa kondisi klep (valve), camshaft, dan bantalan (bearing) untuk keausan.


6. **Bersihkan Semua Komponen:**

   - Bersihkan komponen dengan degreaser atau bensin dan lap hingga kering.

   - Gunakan kompresor udara untuk membersihkan lubang-lubang oli dan bagian dalam mesin.


7. **Ganti Komponen yang Rusak:**

   - Ganti komponen yang aus atau rusak, seperti ring piston, gasket, seal oli, dan bantalan (bearing).


**C. Perakitan Kembali Mesin**

8. **Pasang Piston dan Silinder:**

   - Pasang ring piston pada piston baru.

   - Pasang piston ke connecting rod dan masukkan kembali ke dalam silinder.


9. **Pasang Head Silinder:**

   - Pasang klep, camshaft, dan head silinder.

   - Kencangkan baut-baut head silinder sesuai dengan spesifikasi torsi pabrik.


10. **Perakitan CVT:**

    - Pasang kembali komponen CVT (puli, belt, roller) sesuai dengan urutan yang benar.

    - Pasang cover CVT dan kencangkan baut.


**D. Pengisian Oli dan Cairan Pendingin**

11. **Isi Oli Mesin Baru:**

    - Isi oli mesin dengan volume yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

    - Pastikan tidak ada kebocoran oli.


12. **Isi Cairan Pendingin:**

    - Isi radiator dengan cairan pendingin hingga penuh.

    - Pastikan sistem pendingin tidak bocor.


**E. Uji Coba dan Penyetelan**

13. **Uji Mesin:**

    - Pasang busi dan komponen pengapian.

    - Hidupkan mesin dan biarkan idle selama beberapa menit.

    - Dengarkan suara mesin untuk mendeteksi kelainan.


14. **Penyetelan Akhir:**

    - Sesuaikan putaran mesin dan setel ulang timing pengapian jika diperlukan.

    - Periksa ulang fungsi rem, kopling, dan gas.


**F. Penyelesaian**

15. **Pemasangan Kembali Komponen Eksternal:**

    - Pasang kembali bodi motor yang dilepas.

    - Pastikan semua baut dan komponen terpasang dengan benar.


16. **Bersihkan Area Kerja:**

    - Bersihkan area kerja dan alat yang digunakan.

    - Buang sisa oli dan cairan bekas sesuai dengan aturan lingkungan.


---


### **4. Dokumentasi dan Laporan**

- **Catat** semua pekerjaan yang dilakukan, termasuk penggantian komponen dan pengaturan ulang.

- **Laporkan** kondisi akhir mesin kepada pemilik atau atasan, serta berikan rekomendasi untuk perawatan lebih lanjut.


### **5. Penutup**

- **Serahkan** motor kepada pemilik dengan penjelasan mengenai hasil overhaul dan perawatan yang harus dilakukan.

- **Pastikan** bahwa semua alat telah disimpan kembali dengan rapi dan area kerja dalam kondisi bersih.


---


SOP ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses overhaul mesin motor matik dilakukan secara aman, efisien, dan sesuai standar kualitas yang diharapkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama