{VISI DAN MISI Visi : Menjadi SMK yang mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah yang kompeten dan berakhlak mulia untuk mengisi pasar kerja di Era Globalisasi. Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat menengah yang berkualitas dalam bidang bisnis dan menejemen.}

SOP PEMERIKSAAN CVT

 Berikut adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk pemeriksaan CVT (Continuously Variable Transmission) motor Yamaha NMAX:


### SOP Pemeriksaan CVT Motor Yamaha NMAX


**Tujuan:**  

Memastikan komponen CVT motor Yamaha NMAX dalam kondisi optimal dan bekerja dengan baik untuk mendukung performa kendaraan.


**Alat dan Bahan:**

- Kunci T ukuran 8, 10, dan 12

- Kunci ring ukuran 17

- Obeng plus dan minus

- Kunci soket CVT

- Kain lap bersih

- Kompresor udara

- Grease pelumas

- Cairan pembersih CVT


**Prosedur:**


1. **Persiapan:**

   - Pastikan motor berada pada posisi yang stabil dan aman, seperti di atas standar tengah.

   - Matikan mesin dan cabut kunci dari kontak.

   - Siapkan alat dan bahan yang diperlukan di dekat area kerja.


2. **Pembongkaran Cover CVT:**

   - Lepaskan cover CVT dengan menggunakan kunci T ukuran 8 dan 10.

   - Pastikan semua baut cover CVT disimpan dengan aman agar tidak hilang.


3. **Pemeriksaan Filter CVT:**

   - Lepaskan filter CVT dari rumahnya.

   - Bersihkan filter menggunakan kompresor udara atau ganti jika sudah kotor atau rusak.

   - Pasang kembali filter yang sudah dibersihkan atau diganti.


4. **Pemeriksaan dan Pembersihan Komponen CVT:**

   - Lepaskan rumah CVT menggunakan kunci soket ukuran yang sesuai.

   - Periksa kondisi belt (v-belt) dari keausan atau keretakan. Ganti jika ditemukan kerusakan.

   - Periksa kondisi roller dan weight set, jika aus atau bentuknya tidak rata, segera ganti.

   - Bersihkan rumah CVT, pulley, dan area sekitar CVT dengan kompresor udara untuk menghilangkan debu dan kotoran.

   - Periksa kondisi pulley primer dan sekunder serta periksa kelancaran putarannya. Beri pelumas pada bagian yang memerlukan.


5. **Pemeriksaan dan Pelumasan Gearbox:**

   - Periksa kondisi oli gearbox, pastikan jumlahnya cukup dan tidak ada kebocoran.

   - Jika perlu, ganti oli gearbox sesuai rekomendasi pabrik.


6. **Pemasangan Kembali CVT:**

   - Setelah semua komponen diperiksa dan dibersihkan, pasang kembali rumah CVT dan cover CVT sesuai urutan pembongkaran.

   - Kencangkan semua baut dan mur sesuai dengan torsi yang direkomendasikan oleh pabrik.


7. **Pemeriksaan Akhir:**

   - Setelah pemasangan selesai, hidupkan mesin dan biarkan idle sejenak.

   - Periksa apakah ada suara abnormal atau getaran yang berasal dari CVT.

   - Lakukan uji jalan untuk memastikan motor berfungsi dengan baik dan responsif.


8. **Pencatatan:**

   - Catat hasil pemeriksaan, perbaikan, dan penggantian komponen CVT di buku servis kendaraan.


**Penutup:**

- Simpan kembali alat dan bahan di tempat yang telah disediakan.

- Pastikan area kerja bersih dan bebas dari sisa-sisa komponen yang tidak terpakai.


Dengan mengikuti SOP ini, diharapkan CVT motor Yamaha NMAX dapat bekerja dengan optimal dan memperpanjang umur komponen.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama