1. Proyeksi di bagi kedalam dua jenis yaitu :
A Isometri dan
miring C
Miring dan ortogonal E Pictorial dan prespektif
B Dimetri dan
isometric D
Ortogonal dan pictorial
2. Prespektif masuk kedalam jenis proyeksi :
A Miring C Dimetri E Ortogonal
B Isometri D
Pictorial
3. Proyeksi isometri termasuk kedalam jenis proyeksi :
A Miring C
Dimetri E
ortogonal
B
Prespektif D Pictorial
4. Proyeksi eropa termasuk kedalam jenis proyeksi :
A Miring C Dimetri E ortogonal
B
Prespektif D
pictorial
5.Sudut sumbu X pada proyeksi dimetri adalah :
A 7 ⁰ C 9⁰ E 15⁰
B 8⁰ D 12⁰
6. Sudut sumbu Y pada proyeksi dimetri adalah :
A 40⁰ C
46⁰ E
42⁰
B 44⁰ D 48⁰
7. Prespektif dengan satu titik acuan adalah :
A Prespektif 2
titik lenyap C Prespektif 4 titik lenyap E Prespektif 1 titik hilang
B Prespektif 3
titik lenyap D Prespektif 5 titik lenyap
8. Prespektif dengan tiga titik acuan adalah :
A Prespektif 2 titik
lenyap C Prespektif 4 titik lenyap E Prespektif 1 titik hilang
B Prespektif 3
titik lenyap D Prespektif 5 titik lenyap
9. Garis – garis yang memproyeksikan benda terhadap
bidang proyeksi di sebut :
A Bidang
proyeksi C Proyektor E Proyeksi america
B Benda D
Proyeksi eropa
10. Bidang tempat hasil proyeksi di sebut :
A Bidang
proyeksi C Proyeksi E Bidang proyektor
B
Proyektor D Garis proyeksi
11. Gambar teknik yang digunakan untuk menyajikan
pandangan dari atas objek disebut:
a) Pandangan
Depan
c) Pandangan Isometrik e)
Pandangan Belakang
b) Pandangan
Samping d) Pandangan Atas
12. Garis yang
digunakan untuk menggambarkan tepi luar sebuah objek disebut:
a) Garis Sentral c) Garis Potong e) Garis Kontur
b) Garis Tengah d)
Garis Luar
13. Salah satu jenis proyeksi ortografis yang
menggambarkan objek dengan dua sudut pandang, yaitu dari atas dan samping,
disebut:
a) Proyeksi
Isometrik c) Proyeksi Dimetrik e) proyeksi bidiminsional
b) Proyeksi
Pseudoisometrik d) Proyeksi Trimetrik
14. Simbol yang digunakan untuk menyatakan bahwa dua
garis adalah sejajar dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c) ⊥ e) →
b) || d) /
15. Pada sebuah gambar teknik, skala 1:50 berarti:
a) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 50 satuan sebenarnya
b) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 1/50 dari satuan sebenarnya
c) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 50 kali satuan sebenarnya
d) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 1/50 kali satuan sebenarnya
e) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 50 cm
16. Simbol yang digunakan untuk menunjukkan bahwa sebuah
permukaan adalah datar adalah:
a) ⊥
c) ||
e) →
b) ∠
d) /
17. Salah satu jenis proyeksi ortografis yang
menggambarkan objek dengan tiga sudut pandang, yaitu dari atas, samping, dan
depan, disebut:
a) Proyeksi
Isometrik c) Proyeksi
Trimetrik e) Proyeksi
Orthografis
b) Proyeksi
Dimetrik d) Proyeksi Pseudoisometrik
18. Simbol yang digunakan untuk menyatakan sudut yang
sama besar dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c)
⊥
e) →
b) || d) /
19. Simbol yang digunakan untuk menunjukkan sebuah panah
atau vektor dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c) ⊥ e) /
b) || d) →
20. Pada gambar teknik, garis yang digunakan untuk
menunjukkan dimensi vertikal objek disebut:
a) Garis
Dimensi c) Garis Panduan e) Garis Kontur
b) Garis
Proyeksi d) Garis Pemisah
21. Jarak antara dua titik di bidang gambar teknik dapat
diukur menggunakan alat ukur yang disebut:
a) Penggaris c) Meteran e) Jangka Gantung
b) Jangka
Sorong d) Mikrometer
22. Salah satu simbol yang digunakan untuk menyatakan
titik tengah adalah:
a) ∠
c) ⊥ e) →
b) C d)
·
23. Garis yang digunakan untuk menunjukkan dimensi
horizontal sebuah objek dalam gambar teknik disebut:
a) Garis
Dimensi c) Garis Panduan e) Garis Kontur
b) Garis
Proyeksi d) Garis Pemisah
24. Salah satu jenis proyeksi ortografis yang
menggambarkan objek dengan satu sudut pandang saja, yaitu dari depan, disebut:
a) Proyeksi
Isometrik c) Proyeksi Trimetrik e)
Proyeksi Orthografis
b) Proyeksi
Dimetrik d) Proyeksi Pseudoisometrik
25. Simbol yang digunakan untuk menunjukkan garis sejajar
dengan bidang gambar adalah:
a) ⊥
c) ||
e) →
b) ∠ d) /
26. Garis yang digunakan untuk menunjukkan dimensi dalam
bentuk sudut pada gambar teknik disebut:
a) Garis
Dimensi c) Garis Panduan e) Garis Kontur
b) Garis
Proyeksi d) Garis Pemisah
27. Pada gambar teknik, simbol yang digunakan untuk
menyatakan perpotongan atau hubungan antara dua garis adalah:
a) ∠
c)
|| e) →
b) ⊥
d) /
28. Proyeksi ortografis yang menggambarkan objek dengan
empat sudut pandang, yaitu atas, bawah, depan, dan samping, dise but:
a) Proyeksi
Isometrik c) Proyeksi Trimetrik e) Proyeksi Ortografis
b) Proyeksi
Dimetrik d) Proyeksi Tetrametrik
29. Simbol yang digunakan untuk menyatakan sudut
siku-siku dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c)
|| e) →
b) ⊥
d) /
30. Simbol yang digunakan untuk menyatakan bahwa dua
garis saling tegak lurus dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c) ||
e) →
b) ⊥
d) /
ESSAY
1. Jelaskan perbedaan antara proyeksi isometrik,
dimetrik, dan trimetrik. Sertakan juga contoh penggunaannya dalam praktek
gambar teknik.
2. Gambarkan dan jelaskan proses membuat sebuah proyeksi
orthografis dari sebuah objek tiga dimensi. Jelaskan langkah-langkahnya dan
bagaimana objek tersebut direpresentasikan dalam proyeksi orthografis.
3. Apa yang dimaksud dengan toleransi dalam gambar
teknik? Mengapa toleransi sangat penting dalam pembuatan gambar teknik dan
proses manufaktur?
4. Jelaskan konsep skala dalam gambar teknik. Bagaimana
cara menentukan skala yang tepat untuk sebuah gambar teknik? Berikan contoh
penggunaan skala pada sebuah gambar teknik.
5. Bagaimana cara menggunakan simbol-simbol geometri
dasar seperti garis, lingkaran, dan segitiga dalam gambar teknik? Jelaskan
penggunaan masing-masing simbol dan bagaimana mereka berkontribusi dalam
menyajikan informasi secara visual.
1. Proyeksi di bagi kedalam dua jenis yaitu :
A Isometri dan
miring C
Miring dan ortogonal E Pictorial dan prespektif
B Dimetri dan
isometric D
Ortogonal dan pictorial
2. Prespektif masuk kedalam jenis proyeksi :
A Miring C Dimetri E Ortogonal
B Isometri D
Pictorial
3. Proyeksi isometri termasuk kedalam jenis proyeksi :
A Miring C
Dimetri E
ortogonal
B
Prespektif D Pictorial
4. Proyeksi eropa termasuk kedalam jenis proyeksi :
A Miring C Dimetri E ortogonal
B
Prespektif D
pictorial
5.Sudut sumbu X pada proyeksi dimetri adalah :
A 7 ⁰ C 9⁰ E 15⁰
B 8⁰ D 12⁰
6. Sudut sumbu Y pada proyeksi dimetri adalah :
A 40⁰ C
46⁰ E
42⁰
B 44⁰ D 48⁰
7. Prespektif dengan satu titik acuan adalah :
A Prespektif 2
titik lenyap C Prespektif 4 titik lenyap E Prespektif 1 titik hilang
B Prespektif 3
titik lenyap D Prespektif 5 titik lenyap
8. Prespektif dengan tiga titik acuan adalah :
A Prespektif 2 titik
lenyap C Prespektif 4 titik lenyap E Prespektif 1 titik hilang
B Prespektif 3
titik lenyap D Prespektif 5 titik lenyap
9. Garis – garis yang memproyeksikan benda terhadap
bidang proyeksi di sebut :
A Bidang
proyeksi C Proyektor E Proyeksi america
B Benda D
Proyeksi eropa
10. Bidang tempat hasil proyeksi di sebut :
A Bidang
proyeksi C Proyeksi E Bidang proyektor
B
Proyektor D Garis proyeksi
11. Gambar teknik yang digunakan untuk menyajikan
pandangan dari atas objek disebut:
a) Pandangan
Depan
c) Pandangan Isometrik e)
Pandangan Belakang
b) Pandangan
Samping d) Pandangan Atas
12. Garis yang
digunakan untuk menggambarkan tepi luar sebuah objek disebut:
a) Garis Sentral c) Garis Potong e) Garis Kontur
b) Garis Tengah d)
Garis Luar
13. Salah satu jenis proyeksi ortografis yang
menggambarkan objek dengan dua sudut pandang, yaitu dari atas dan samping,
disebut:
a) Proyeksi
Isometrik c) Proyeksi Dimetrik e) proyeksi bidiminsional
b) Proyeksi
Pseudoisometrik d) Proyeksi Trimetrik
14. Simbol yang digunakan untuk menyatakan bahwa dua
garis adalah sejajar dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c) ⊥ e) →
b) || d) /
15. Pada sebuah gambar teknik, skala 1:50 berarti:
a) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 50 satuan sebenarnya
b) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 1/50 dari satuan sebenarnya
c) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 50 kali satuan sebenarnya
d) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 1/50 kali satuan sebenarnya
e) Setiap satuan
pada gambar sama dengan 50 cm
16. Simbol yang digunakan untuk menunjukkan bahwa sebuah
permukaan adalah datar adalah:
a) ⊥
c) ||
e) →
b) ∠
d) /
17. Salah satu jenis proyeksi ortografis yang
menggambarkan objek dengan tiga sudut pandang, yaitu dari atas, samping, dan
depan, disebut:
a) Proyeksi
Isometrik c) Proyeksi
Trimetrik e) Proyeksi
Orthografis
b) Proyeksi
Dimetrik d) Proyeksi Pseudoisometrik
18. Simbol yang digunakan untuk menyatakan sudut yang
sama besar dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c)
⊥
e) →
b) || d) /
19. Simbol yang digunakan untuk menunjukkan sebuah panah
atau vektor dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c) ⊥ e) /
b) || d) →
20. Pada gambar teknik, garis yang digunakan untuk
menunjukkan dimensi vertikal objek disebut:
a) Garis
Dimensi c) Garis Panduan e) Garis Kontur
b) Garis
Proyeksi d) Garis Pemisah
21. Jarak antara dua titik di bidang gambar teknik dapat
diukur menggunakan alat ukur yang disebut:
a) Penggaris c) Meteran e) Jangka Gantung
b) Jangka
Sorong d) Mikrometer
22. Salah satu simbol yang digunakan untuk menyatakan
titik tengah adalah:
a) ∠
c) ⊥ e) →
b) C d)
·
23. Garis yang digunakan untuk menunjukkan dimensi
horizontal sebuah objek dalam gambar teknik disebut:
a) Garis
Dimensi c) Garis Panduan e) Garis Kontur
b) Garis
Proyeksi d) Garis Pemisah
24. Salah satu jenis proyeksi ortografis yang
menggambarkan objek dengan satu sudut pandang saja, yaitu dari depan, disebut:
a) Proyeksi
Isometrik c) Proyeksi Trimetrik e)
Proyeksi Orthografis
b) Proyeksi
Dimetrik d) Proyeksi Pseudoisometrik
25. Simbol yang digunakan untuk menunjukkan garis sejajar
dengan bidang gambar adalah:
a) ⊥
c) ||
e) →
b) ∠ d) /
26. Garis yang digunakan untuk menunjukkan dimensi dalam
bentuk sudut pada gambar teknik disebut:
a) Garis
Dimensi c) Garis Panduan e) Garis Kontur
b) Garis
Proyeksi d) Garis Pemisah
27. Pada gambar teknik, simbol yang digunakan untuk
menyatakan perpotongan atau hubungan antara dua garis adalah:
a) ∠
c)
|| e) →
b) ⊥
d) /
28. Proyeksi ortografis yang menggambarkan objek dengan
empat sudut pandang, yaitu atas, bawah, depan, dan samping, dise but:
a) Proyeksi
Isometrik c) Proyeksi Trimetrik e) Proyeksi Ortografis
b) Proyeksi
Dimetrik d) Proyeksi Tetrametrik
29. Simbol yang digunakan untuk menyatakan sudut
siku-siku dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c)
|| e) →
b) ⊥
d) /
30. Simbol yang digunakan untuk menyatakan bahwa dua
garis saling tegak lurus dalam gambar teknik adalah:
a) ∠
c) ||
e) →
b) ⊥
d) /
ESSAY
1. Jelaskan perbedaan antara proyeksi isometrik,
dimetrik, dan trimetrik. Sertakan juga contoh penggunaannya dalam praktek
gambar teknik.
2. Gambarkan dan jelaskan proses membuat sebuah proyeksi
orthografis dari sebuah objek tiga dimensi. Jelaskan langkah-langkahnya dan
bagaimana objek tersebut direpresentasikan dalam proyeksi orthografis.
3. Apa yang dimaksud dengan toleransi dalam gambar
teknik? Mengapa toleransi sangat penting dalam pembuatan gambar teknik dan
proses manufaktur?
4. Jelaskan konsep skala dalam gambar teknik. Bagaimana
cara menentukan skala yang tepat untuk sebuah gambar teknik? Berikan contoh
penggunaan skala pada sebuah gambar teknik.
5. Bagaimana cara menggunakan simbol-simbol geometri
dasar seperti garis, lingkaran, dan segitiga dalam gambar teknik? Jelaskan
penggunaan masing-masing simbol dan bagaimana mereka berkontribusi dalam
menyajikan informasi secara visual.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Apa yang dimaksud dengan sistem pengapian pada mesin
otomotif?
a) Sistem yang
mengatur suplai bahan bakar ke mesin
b) Sistem yang
mengontrol kecepatan mesin
c) Sistem yang
mengatur pembakaran campuran udara dan bahan bakar
d) Sistem yang
mengatur suhu mesin
e) Sistem yang
menghasilkan tekanan udara untuk menggerakkan mesin
2. Apa fungsi dari katup pada mesin otomotif?
a) Mengatur
suplai bahan bakar ke dalam mesin
b) Mengalirkan
udara ke ruang bakar
c) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Mendinginkan
mesin dengan sirkulasi udara
3. Komponen mana yang bertanggung jawab untuk mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi pada poros engkol?
a) Piston c) Kepala silinder e) Busi
b) Katup d) Kruk as
4. Apa yang dimaksud dengan sistem pelumasan pada mesin
otomotif?
a) Sistem yang
mengatur suhu mesin
b) Sistem yang
menyediakan suplai bahan bakar
c) Sistem yang
menyediakan tenaga untuk menggerakkan mesin
d) Sistem yang
mengurangi getaran mesin
e) Sistem yang
memastikan bahwa bagian-bagian mesin tetap dilumasi dengan baik
5. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi sebagai
tempat terjadinya pembakaran campuran udara dan bahan bakar?
a) Piston c)
Kruk as e) Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
6. Apa yang dimaksud dengan sistem pendingin pada mesin
otomotif?
a) Sistem yang
mengontrol suhu mesin
b) Sistem yang
menyediakan tenaga untuk menggerakkan mesin
c) Sistem yang
mengatur pembakaran campuran udara dan bahan bakar
d) Sistem yang
membuang gas hasil pembakaran dari ruang bakar
e) Sistem yang
mengurangi getaran mesin
7. Fungsi dari sistem bahan bakar pada mesin otomotif
adalah?
a) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
b) Mengatur
pembakaran campuran udara dan bahan bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
8. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi sebagai
penghasil percikan api untuk memulai pembakaran campuran udara dan bahan bakar?
a) Piston c)
Kruk as e) Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
9. Apa yang dimaksud dengan sistem injeksi bahan bakar
pada mesin otomotif?
a) Sistem yang
menyediakan tenaga untuk menggerakkan mesin
b) Sistem yang
mengatur suplai bahan bakar ke dalam mesin
c) Sistem yang
mengontrol pembakaran campuran udara dan bahan bakar
d) Sistem yang
membuang gas hasil pembakaran dari ruang bakar
e) Sistem yang
mengurangi getaran mesin
10. Apa fungsi dari sistem pendingin pada mesin otomotif?
a) Mengatur
suhu mesin
b) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
11. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi
sebagai tempat terjadinya pembakaran campuran udara dan bahan bakar?
a) Piston c)
Kruk as e) Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
12. Fungsi dari sistem bahan bakar pada mesin otomotif
adalah?
a) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
b) Mengatur
pembakaran campuran udara dan bahan bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
13. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi
sebagai penghasil percikan api untuk memulai pembakaran campuran udara dan
bahan bakar?
a) Piston c) Kruk as
e) Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
14. Apa yang dimaksud dengan sistem injeksi bahan bakar
pada mesin otomotif?
a) Sistem yang
menyediakan tenaga untuk menggerakkan mesin
b) Sistem yang
mengatur suplai bahan bakar ke dalam mesin
c) Sistem yang
mengontrol pembakaran campuran udara dan bahan bakar
d) Sistem yang
membuang gas hasil pembakaran dari ruang bakar
e) Sistem yang
mengurangi getaran mesin
15. Fungsi dari sistem pendingin pada mesin otomotif
adalah?
a) Mengatur
suhu mesin
b) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
16. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi
sebagai tempat terjadinya pembakaran campuran udara dan bahan bakar?
a) Piston c) Kruk as e)
Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
17. Fungsi dari sistem bahan bakar pada mesin otomotif
adalah?
a) Menyalurkan udara ke ruang bakar
b) Mengatur
pembakaran campuran udara dan bahan bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
18. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi
sebagai penghasil percikan api untuk memulai pembakaran campuran udara dan
bahan bakar?
a) Piston c)
Kruk as e) Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
19. Apa yang dimaksud dengan sistem injeksi bahan bakar
pada mesin otomotif?
a) Sistem yang
menyediakan tenaga untuk menggerakkan mesin
b) Sistem yang
mengatur suplai bahan bakar ke dalam mesin
c) Sistem yang
mengontrol pembakaran campuran udara dan bahan bakar
d) Sistem yang
membuang gas hasil pembakaran dari ruang bakar
e) Sistem yang
mengurangi getaran mesin
20. Fungsi dari sistem pendingin pada mesin otomotif
adalah?
a) Mengatur
suhu mesin
b) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
21. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi
sebagai tempat terjadinya pembakaran campuran udara dan bahan bakar?
a) Piston c) Kruk as e) Busi
b) Kepala
silinder d)
Katup
22. Fungsi dari sistem bahan bakar pada mesin otomotif
adalah?
a) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
b) Mengatur
pembakaran campuran udara dan bahan bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
23. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi
sebagai penghasil percikan api untuk memulai pembakaran campuran udara dan
bahan bakar?
a) Piston c) Kruk as
e) Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
24. Apa yang dimaksud dengan sistem injeksi bahan bakar
pada mesin otomotif?
a) Sistem yang
menyediakan tenaga untuk menggerakkan mesin
b) Sistem yang
mengatur suplai bahan bakar ke dalam mesin
c) Sistem yang
mengontrol pembakaran campuran udara dan bahan bakar
d) Sistem yang
membuang gas hasil pembakaran dari ruang bakar
e) Sistem yang
mengurangi getaran mesin
25. Fungsi dari sistem pendingin pada mesin otomotif
adalah?
a) Mengatur
suhu mesin
b) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
26. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi
sebagai tempat terjadinya pembakaran campuran udara dan bahan bakar?
a) Piston c) Kruk as
e) Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
27. Fungsi dari sistem bahan bakar pada mesin otomotif
adalah?
a) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
b) Mengatur
pembakaran campuran udara dan bahan bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
28. Bagian mana dari mesin otomotif yang berfungsi
sebagai penghasil percikan api untuk memulai pembakaran campuran udara dan
bahan bakar?
a) Piston c) Kruk as
e) Busi
b) Kepala
silinder d) Katup
29. Apa yang dimaksud dengan sistem injeksi bahan bakar
pada mesin otomotif?
a) Sistem yang
menyediakan tenaga untuk menggerakkan mesin
b) Sistem yang
mengatur suplai bahan bakar ke dalam mesin
c) Sistem yang
mengontrol pembakaran campuran udara dan bahan bakar
d) Sistem yang
membuang gas hasil pembakaran dari ruang bakar
e) Sistem yang
mengurangi getaran mesin
30. Fungsi dari sistem pendingin pada mesin otomotif
adalah?
a) Mengatur
suhu mesin
b) Menyalurkan
udara ke ruang bakar
c) Mengubah
gerakan naik-turun piston menjadi gerakan rotasi
d) Menyalurkan
oli ke bagian-bagian mesin
e) Membuang gas
hasil pembakaran dari ruang bakar
ESSAY
1. Jelaskan secara rinci bagaimana proses pembakaran
terjadi dalam mesin otomotif. Diskusikan tahapan-tahapan pembakaran, peran dari
bahan bakar dan udara, serta bagaimana energi dihasilkan selama proses ini.
2. Gambarkan dan jelaskan bagaimana sebuah mesin empat
langkah (four-stroke) bekerja. Diskusikan setiap langkah dalam siklus, peran
dari piston, klep, dan bagian-bagian lainnya dalam menghasilkan daya dan
menggerakkan kendaraan.
3. Apa peran dari sistem pelumasan dalam sebuah mesin
otomotif? Jelaskan bagaimana pelumasan dilakukan, jenis-jenis pelumas yang umum
digunakan, serta pentingnya menjaga sistem pelumasan agar mesin tetap
berkinerja optimal.
4. Bagaimana sistem pendingin bekerja dalam sebuah mesin
otomotif? Jelaskan peran dari radiator, kipas, coolant, dan bagian-bagian
lainnya dalam menjaga suhu mesin tetap stabil selama operasi kendaraan.
5. Diskusikan perbedaan antara mesin bensin dan mesin
diesel dalam konteks konstruksi, prinsip kerja, dan keunggulan masing-masing.
Jelaskan bagaimana perbedaan ini mempengaruhi kinerja, efisiensi, dan
penggunaan bahan bakar dari kedua jenis mesin ini.
1. Apa yang dimaksud dengan sasis pada kendaraan?
a) Bagian
yang menyalurkan tenaga mesin ke roda kendaraan
b)
Struktur rangka kendaraan yang mendukung komponen-komponen lainnya
c) Bagian
yang mengatur aliran udara ke mesin
d)
Komponen yang mengontrol sistem kemudi
e) Bagian
yang mengatur distribusi bahan bakar ke mesin
2. Manakah dari berikut yang bukan merupakan fungsi
dari sasis kendaraan?
a)
Menyokong berat kendaraan dan muatan
b) Menyerap
getaran dan goncangan dari jalan
c)
Menopang sistem suspensi dan rem
d)
Menyalurkan tenaga dari mesin ke roda kendaraan
e)
Mengatur distribusi bahan bakar ke mesin
3. Bagian mana dari sasis yang bertanggung jawab
untuk menahan dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan?
a) Shock
absorber c) Differensial e)
Karoseri
b) Per d) Transmisi
4. Apa fungsi utama dari shock absorber dalam
sistem sasis kendaraan?
a) Menahan
dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c)
Mengurangi getaran dan goncangan dari jalan
d)
Menopang bobot kendaraan dan muatan
e)
Mengontrol suplai bahan bakar ke mesin
5. Apa peran dari subframe dalam sistem sasis
kendaraan?
a)
Menyokong mesin dan transmisi
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c)
Menopang sistem suspensi dan rem
d)
Menyalurkan tenaga dari mesin ke roda kendaraan
e)
Mengatur distribusi bahan bakar ke mesin
6. Bagian mana dari sasis kendaraan yang berfungsi
sebagai kerangka utama dan menahan semua komponen kendaraan?
a) Shock
absorber c) Subframe e) Differensial
b) Per d) Karoseri
7. Apa yang dimaksud dengan rollover pada sasis
kendaraan?
a) Keadaan
di mana kendaraan melaju mundur
b) Keadaan
di mana kendaraan terguling
c) Keadaan
di mana roda kendaraan terlepas dari sasis
d) Keadaan
di mana sistem rem kendaraan gagal
e) Keadaan
di mana sistem transmisi kendaraan rusak
8. Fungsi utama dari per dalam sasis adalah?
a) Menahan
dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c)
Mengurangi getaran dan goncangan dari jalan
d)
Menopang bobot kendaraan dan muatan
e)
Mengatur suplai bahan bakar ke mesin
9. Apa yang dimaksud dengan ladder frame pada sasis
kendaraan?
a)
Kerangka sasis yang terbuat dari logam ringan
b)
Kerangka sasis yang mirip tangga dengan dua balok samping dan beberapa melintang
c)
Kerangka sasis yang fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan medan berat
d)
Kerangka sasis yang digunakan pada mobil listrik
e)
Kerangka sasis yang tidak memiliki struktur kaku
10. Apa fungsi dari stiffeners dalam sasis
kendaraan?
a)
Menahan dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c)
Mengurangi getaran dan goncangan dari jalan
d)
Memperkuat struktur sasis dan mengurangi kekakuan
e)
Menopang bobot kendaraan dan muatan
11. Bagian sasis yang bertanggung jawab untuk
menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan adalah?
a) Shock
absorber c) Differensial e) Karoseri
b) Per d) Transmisi
12. Bagian sasis yang terbuat dari material yang
elastis dan berguna untuk menyerap getaran dan goncangan adalah?
a) Shock
absorber c) Subframe e) Karoseri
b) Per d) Stiffeners
13. Apa fungsi utama dari per dalam sistem sasis
kendaraan?
a)
Menahan dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c)
Mengurangi getaran dan goncangan dari jalan
d)
Memperkuat struktur sasis dan mengurangi kekakuan
e)
Menopang bobot kendaraan dan muatan
14. Apa yang dimaksud dengan rollover pada sasis
kendaraan?
a)
Keadaan di mana kendaraan melaju mundur
b)
Keadaan di mana kendaraan terguling
c)
Keadaan di mana roda kendaraan terlepas dari sasis
d)
Keadaan di mana sistem rem kendaraan gagal
e)
Keadaan di mana sistem transmisi kendaraan rusak
15. Fungsi utama dari subframe dalam sasis
kendaraan adalah?
a)
Menahan dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c)
Menopang sistem suspensi dan rem
d)
Memperkuat struktur sasis dan mengurangi kekakuan
e) Mengatur suplai bahan bakar ke mesin
16. Bagian sasis yang berfungsi sebagai kerangka
utama dan menahan semua komponen kendaraan adalah?
a) Shock
absorber c) Subframe e)
Differensial
b) Per d) Karoseri
17. Apa yang dimaksud dengan sasis monokok pada
kendaraan?
a) Sistem
sasis yang terdiri dari beberapa bagian yang terpisah
b) Sistem
sasis yang menggunakan suspensi independen pada semua roda
c) Sistem
sasis yang terdiri dari satu kerangka tunggal yang juga berfungsi sebagai badan
kendaraan
d) Sistem
sasis yang menggunakan teknologi regeneratif
e) Sistem
sasis yang fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan medan berat
18. Fungsi utama dari stiffeners dalam sasis
kendaraan adalah?
a)
Menahan dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c) Mengurangi
getaran dan goncangan dari jalan
d)
Memperkuat struktur sasis dan mengurangi kekakuan
e)
Menopang bobot kendaraan dan muatan
19. Apa yang dimaksud dengan sasis monokok pada
kendaraan?
a) Sistem
sasis yang terdiri dari beberapa bagian yang terpisah
b) Sistem
sasis yang menggunakan suspensi independen pada semua roda
c) Sistem
sasis yang terdiri dari satu kerangka tunggal yang juga berfungsi sebagai badan
kendaraan
d) Sistem
sasis yang menggunakan teknologi regeneratif
e) Sistem
sasis yang fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan medan berat
20. Bagian sasis yang berfungsi untuk mengarahkan
tenaga dari mesin ke roda kendaraan adalah?
a) Shock
absorber c) Differensial e) Karoseri
b) Per d) Transmisi
21. Bagian sasis yang terbuat dari material yang
elastis dan berguna untuk menyerap getaran dan goncangan adalah?
a) Shock
absorber c) Subframe e) Karoseri
b) Per d) Stiffeners
22. Fungsi utama dari subframe dalam sasis
kendaraan adalah?
a)
Menahan dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c)
Menopang sistem suspensi dan rem
d)
Memperkuat struktur sasis dan mengurangi kekakuan
e)
Mengatur suplai bahan bakar ke mesin
23. Bagian sasis yang berfungsi sebagai kerangka
utama dan menahan semua komponen kendaraan adalah?
a) Shock
absorber c) Subframe e) Differensial
b) Per d) Karoseri
24. Apa yang dimaksud dengan sasis monokok pada
kendaraan?
a) Sistem
sasis yang terdiri dari beberapa bagian yang terpisah
b) Sistem
sasis yang menggunakan suspensi independen pada semua roda
c) Sistem
sasis yang terdiri dari satu kerangka tunggal yang juga berfungsi sebagai badan
kendaraan
d) Sistem
sasis yang menggunakan teknologi regeneratif
e) Sistem
sasis yang fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan medan berat
25. Bagian sasis yang berfungsi untuk mengarahkan
tenaga dari mesin ke roda kendaraan adalah?
a) Shock
absorber c) Differensial e) Karoseri
b) Per d) Transmisi
26. Bagian sasis yang terbuat dari material yang
elastis dan berguna untuk menyerap getaran dan goncangan adalah?
a) Shock
absorber c) Subframe e) Karoseri
b) Per d) Stiffeners
27. Fungsi utama dari subframe dalam sasis
kendaraan adalah?
a)
Menahan dan menyalurkan torsi dari mesin ke roda kendaraan
b)
Menstabilkan kendaraan saat berbelok
c)
Menopang sistem suspensi dan rem
d)
Memperkuat struktur sasis dan mengurangi kekakuan
e)
Mengatur suplai bahan bakar ke mesin
28. Bagian sasis yang berfungsi sebagai kerangka
utama dan menahan semua komponen kendaraan adalah?
a) Shock
absorber c) Subframe e) Differensial
b) Per d) Karoseri
29. Apa yang dimaksud dengan sasis monokok pada
kendaraan?
a) Sistem
sasis yang terdiri dari beberapa bagian yang terpisah
b) Sistem
sasis yang menggunakan suspensi independen pada semua roda
c) Sistem
sasis yang terdiri dari satu kerangka tunggal yang juga berfungsi sebagai badan
kendaraan
d) Sistem
sasis yang menggunakan teknologi regeneratif
e) Sistem
sasis yang fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan medan berat
30. Bagian sasis yang berfungsi untuk mengarahkan
tenaga dari mesin ke roda kendaraan adalah?
a) Shock
absorber c) Differensial e) Karoseri
b) Per d) Transmisi
essay
1. Jelaskan peran utama dari sasis dalam sebuah
kendaraan. Diskusikan bagaimana sasis memberikan dukungan struktural, menjaga
kestabilan, dan mengoptimalkan kinerja kendaraan secara keseluruhan.
2. Gambarkan dan jelaskan konstruksi umum dari
sasis kendaraan. Diskusikan material yang umum digunakan dalam pembuatan sasis
serta pertimbangan desain yang mempengaruhi kekuatan, kekakuan, dan berat
sasis.
3. Bagaimana evolusi sasis kendaraan dari sasis
ladder frame menuju sasis monokok? Diskusikan kelebihan dan kekurangan
masing-masing jenis sasis serta dampaknya terhadap kinerja dan keselamatan
kendaraan.
4. Jelaskan peran subframe dalam sistem sasis
kendaraan. Diskusikan fungsi subframe, material yang umum digunakan, dan
bagaimana subframe membantu mendistribusikan beban dan mengoptimalkan kinerja
suspensi.
5. Bagaimana dampak teknologi dan inovasi terkini
terhadap perkembangan sasis kendaraan? Diskusikan tentang teknologi seperti
penggunaan material komposit, teknik manufaktur canggih, dan desain struktural
yang inovatif dalam meningkatkan efisiensi, kinerja, dan keamanan sasis.