{VISI DAN MISI Visi : Menjadi SMK yang mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah yang kompeten dan berakhlak mulia untuk mengisi pasar kerja di Era Globalisasi. Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat menengah yang berkualitas dalam bidang bisnis dan menejemen.}

PRAKTEK JOB KLS XII

 OLI 

Penggantian oli pada sepeda motor adalah bagian penting dari perawatan kendaraan untuk menjaga kinerja mesin dan meningkatkan umur pakai. Berikut adalah beberapa fakta seputar penggantian oli pada sepeda motor:


1. **Interval Penggantian:**

   - Umumnya, oli sepeda motor perlu diganti setiap 3.000 hingga 6.000 kilometer, tergantung pada merek, model, dan jenis oli yang digunakan.

   - Beberapa motor modern dan oli khusus mungkin memiliki interval penggantian yang lebih panjang, tetapi tetap penting untuk mengikuti rekomendasi pabrikan.


2. **Jenis Oli:**

   - Pilihlah jenis oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan sepeda motor Anda. Oli mesin motor memiliki klasifikasi dan viskositas tertentu yang perlu diperhatikan.


3. **Penggantian Filter Oli:**

   - Sebaiknya ganti filter oli bersamaan dengan penggantian oli. Filter oli bertugas menyaring kotoran dan partikel kecil dari oli mesin.


4. **Proses Penggantian:**

   - Pastikan mesin sepeda motor dalam keadaan hangat saat mengganti oli, karena oli akan lebih mudah mengalir dan membersihkan residu kotoran.

   - Lepaskan penutup oli dan buka pelindung filter oli dengan hati-hati. Pastikan untuk membuang oli bekas dengan benar dan sesuai peraturan lingkungan.


5. **Oli Sintetis vs. Konvensional:**

   - Oli sintetis cenderung memberikan perlindungan yang lebih baik pada suhu ekstrem dan memiliki umur pakai yang lebih lama dibandingkan oli konvensional. Namun, biayanya biasanya lebih tinggi.


6. **Cek Level Oli Secara Berkala:**

   - Selain mengganti oli secara teratur, periksalah level oli secara berkala untuk memastikan bahwa mesin tetap mendapatkan pelumasan yang cukup.


7. **Pentingnya Penggantian Oli:**

   - Penggantian oli secara teratur membantu mencegah keausan berlebihan pada mesin, mengurangi gesekan antar komponen, dan menjaga suhu mesin tetap stabil.


8. **Dampak Pengabaian Penggantian Oli:**

   - Tidak mengganti oli dengan tepat waktu dapat mengakibatkan penurunan kinerja mesin, peningkatan suhu mesin, dan kerusakan komponen mesin yang dapat menyebabkan biaya perbaikan yang tinggi.


9. **Lakukan oleh Ahli Servis:**

   - Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam mengganti oli, sebaiknya serahkan tugas ini kepada mekanik atau bengkel yang terlatih.


10. **Catatan Perawatan:**

    - Selalu catat tanggal dan kilometer terakhir penggantian oli. Ini akan membantu Anda mengikuti jadwal perawatan dan memastikan bahwa penggantian oli dilakukan secara teratur.


Ingatlah bahwa informasi ini bersifat umum, dan rekomendasi penggantian oli dapat bervariasi tergantung pada model sepeda motor dan kondisi penggunaannya. Selalu merujuk pada buku manual sepeda motor Anda untuk petunjuk yang lebih spesifik.

PERTANYAAN

1. **Pertanyaan: Apa fungsi utama oli mesin pada sepeda motor?**

   - Jawaban: Oli mesin berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan melindungi komponen mesin.


2. **Pertanyaan: Berapa interval waktu atau jarak tempuh yang disarankan untuk mengganti oli pada sepeda motor?**

   - Jawaban: Interval penggantian oli umumnya berkisar antara 3.000 hingga 6.000 kilometer, tergantung pada merek dan jenis sepeda motor.


3. **Pertanyaan: Apa perbedaan antara oli mesin sintetis dan konvensional?**

   - Jawaban: Oli mesin sintetis memiliki sifat pelumasan yang lebih baik pada suhu ekstrem dan umumnya memiliki umur pakai yang lebih panjang dibandingkan oli konvensional.


4. **Pertanyaan: Mengapa penting untuk mengganti filter oli bersamaan dengan penggantian oli?**

   - Jawaban: Filter oli menyaring kotoran dan partikel kecil dari oli, sehingga menggantinya membantu menjaga kebersihan oli yang baru dituangkan.


5. **Pertanyaan: Apa akibatnya jika level oli mesin terlalu rendah?**

   - Jawaban: Level oli mesin yang rendah dapat menyebabkan keausan berlebihan, peningkatan suhu mesin, dan bahkan kerusakan komponen mesin.


6. **Pertanyaan: Kapan waktu yang ideal untuk mengganti oli, sebelum atau setelah mengendarai sepeda motor?**

   - Jawaban: Idealnya, mengganti oli setelah mesin sedikit hangat, karena oli akan lebih mudah mengalir dan membersihkan residu.


7. **Pertanyaan: Apakah oli motor yang digunakan pada musim panas berbeda dengan yang digunakan pada musim dingin?**

   - Jawaban: Ya, beberapa orang memilih oli dengan viskositas yang berbeda untuk menyesuaikan dengan suhu udara pada musim panas dan dingin.


8. **Pertanyaan: Mengapa penting untuk membuang oli bekas dengan benar?**

   - Jawaban: Membuang oli bekas dengan benar mencegah pencemaran lingkungan dan membantu daur ulang oli yang mungkin dapat dilakukan.


9. **Pertanyaan: Apa yang harus dilakukan jika terdapat kebocoran oli pada sepeda motor?**

   - Jawaban: Periksa sumber kebocoran, perbaiki jika mungkin, dan tambahkan oli sesuai kebutuhan sebelum melanjutkan penggunaan sepeda motor.


10. **Pertanyaan: Apa dampak penggunaan oli yang tidak sesuai spesifikasi pada sepeda motor?**

    - Jawaban: Penggunaan oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin dan bahkan kerusakan pada komponen mesin.


11. **Pertanyaan: Mengapa perlu mengganti oli lebih sering pada sepeda motor yang digunakan dalam kondisi berkendara yang keras?**

    - Jawaban: Berkendara dalam kondisi yang keras dapat meningkatkan suhu mesin dan mempercepat pemakaian oli, sehingga memerlukan penggantian lebih sering.


12. **Pertanyaan: Apakah sepeda motor dua tak memerlukan oli mesin?**

    - Jawaban: Ya, sepeda motor dua tak juga memerlukan oli mesin, meskipun jenis dan jumlahnya mungkin berbeda dengan sepeda motor empat tak.


13. **Pertanyaan: Apakah ada risiko jika menggunakan oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan?**

    - Jawaban: Ya, menggunakan oli yang tidak sesuai dapat merusak mesin dan mengakibatkan kehilangan garansi dari pabrikan.


14. **Pertanyaan: Mengapa sepeda motor memerlukan oli khusus yang dirancang untuk mesin empat tak?**

    - Jawaban: Oli untuk mesin empat tak memiliki formulasi khusus untuk melumasi komponen internal mesin yang berbeda dengan mesin dua tak.


15. **Pertanyaan: Bagaimana cara memeriksa level oli pada sepeda motor?**

    - Jawaban: Periksa level oli menggunakan tuas ukur atau indikator level oli yang terdapat pada mesin sepeda motor.


16. **Pertanyaan: Apakah ada manfaat tambahan dari penggunaan oli aditif pada sepeda motor?**

    - Jawaban: Penggunaan oli aditif kadang-kadang dapat memberikan perlindungan tambahan dan meningkatkan performa mesin, tetapi sebaiknya sesuai dengan rekomendasi pabrikan.


17. **Pertanyaan: Apakah mungkin untuk mengganti oli sendiri atau lebih baik diserahkan ke bengkel?**

    - Jawaban: Bisa dilakukan sendiri asalkan memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat, tetapi jika tidak yakin, sebaiknya serahkan kepada bengkel atau mekanik yang terlatih.


18. **Pertanyaan: Apa efek panas dan cuaca panas terhadap oli mesin?**

    - Jawaban: Panas dan cuaca panas dapat meningkatkan suhu mesin dan mempercepat perubahan karakteristik oli, sehingga memerlukan perhatian ekstra pada penggantian oli.


19. **Pertanyaan: Apakah penggunaan oli mesin yang lebih mahal selalu lebih baik?**

    - Jawaban: Tidak selalu. Pilih oli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan dan kebutuhan sepeda motor Anda. Harga yang lebih tinggi tidak selalu menjamin kualitas yang lebih baik.


20. **Pertanyaan: Apa yang harus dilakukan jika terjadi pencampuran oli mesin yang berbeda jenis atau merek?**

    - Jawaban: Sebaiknya hindari pencampuran oli yang berbeda jenis atau merek, tetapi jika terjadi, segera ganti oli secara menyeluruh untuk mencegah kemungkinan masalah kompatibilitas.


KELISTRIKAN 

1. **Pertanyaan: Apa itu sistem kelistrikan?**

   - Jawaban: Sistem kelistrikan adalah jaringan komponen listrik yang bekerja sama dalam suatu sistem untuk menghasilkan, mendistribusikan, dan mengontrol energi listrik.


2. **Pertanyaan: Apa peran alternator dalam sistem kelistrikan kendaraan?**

   - Jawaban: Alternator menghasilkan arus listrik bolak-balik yang digunakan untuk mengisi baterai dan menyediakan daya listrik untuk komponen elektrikal kendaraan.


3. **Pertanyaan: Mengapa penting untuk memiliki sistem kelistrikan yang baik pada kendaraan?**

   - Jawaban: Sistem kelistrikan yang baik memastikan operasi yang stabil dan andal dari berbagai komponen elektrikal pada kendaraan, termasuk lampu, klakson, sistem pengapian, dan lainnya.


4. **Pertanyaan: Apa fungsi relay dalam sistem kelistrikan?**

   - Jawaban: Relay digunakan untuk mengontrol arus listrik tinggi dengan menggunakan arus listrik rendah, seperti dalam sistem starter atau lampu.


5. **Pertanyaan: Bagaimana cara mengukur tegangan baterai kendaraan?**

   - Jawaban: Tegangan baterai dapat diukur menggunakan multimeter yang ditempatkan pada posisi volt DC pada sambungan positif dan negatif baterai.


6. **Pertanyaan: Apa perbedaan antara arus listrik bolak-balik (AC) dan arus listrik searah (DC)?**

   - Jawaban: AC berubah arah secara berkala, sementara DC mengalir dalam satu arah tetap.


7. **Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan sistem pengisian pada mobil?**

   - Jawaban: Sistem pengisian pada mobil melibatkan alternator yang menghasilkan listrik untuk mengisi baterai dan menyediakan daya untuk komponen elektrikal.


8. **Pertanyaan: Apa dampak korsleting pada sistem kelistrikan kendaraan?**

   - Jawaban: Korsleting dapat menyebabkan kerusakan serius, termasuk api, dan dapat merusak komponen elektrikal serta menyebabkan mati listrik.


9. **Pertanyaan: Mengapa penting untuk memeriksa dan merawat kabel-kabel listrik kendaraan secara berkala?**

   - Jawaban: Pemeriksaan berkala diperlukan untuk mendeteksi kabel yang aus atau rusak yang dapat menyebabkan korsleting atau kegagalan sistem.


10. **Pertanyaan: Apa peran fuse (sekering) dalam sistem kelistrikan kendaraan?**

    - Jawaban: Fuse berfungsi sebagai pengaman untuk melindungi sistem dari arus berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan.


11. **Pertanyaan: Bagaimana cara menentukan keausan alternator pada kendaraan?**

    - Jawaban: Keausan alternator dapat ditentukan dengan mengukur tegangan output alternator saat mesin hidup menggunakan multimeter.


12. **Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan sistem starter pada kendaraan?**

    - Jawaban: Sistem starter menggunakan daya listrik untuk memutar mesin saat dihidupkan untuk pertama kalinya.


13. **Pertanyaan: Mengapa sistem pengapian pada kendaraan penting?**

    - Jawaban: Sistem pengapian menciptakan percikan listrik yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin.


14. **Pertanyaan: Apa itu sistem pemanas dan pendingin dalam konteks kelistrikan kendaraan?**

    - Jawaban: Sistem pemanas dan pendingin menggunakan komponen elektrikal untuk mengontrol suhu di dalam kabin kendaraan.


15. **Pertanyaan: Bagaimana cara mendeteksi dan memperbaiki kabel yang terputus dalam sistem kelistrikan?**

    - Jawaban: Menggunakan multimeter untuk mengukur kontinuitas kabel atau melihat tanda-tanda fisik kabel yang rusak.


16. **Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan ground (tanah) dalam konteks sistem kelistrikan?**

    - Jawaban: Ground adalah titik referensi listrik yang dihubungkan dengan tanah atau kerangka kendaraan untuk membentuk sirkuit lengkap.


17. **Pertanyaan: Apa yang terjadi jika baterai kendaraan terlalu rendah tegangannya?**

    - Jawaban: Tegangan baterai yang terlalu rendah dapat menyebabkan kesulitan saat menghidupkan mesin dan merusak komponen elektrikal.


18. **Pertanyaan: Mengapa penting untuk memeriksa sistem kelistrikan sebelum melakukan perjalanan jauh?**

    - Jawaban: Pemeriksaan sebelum perjalanan dapat mencegah kegagalan sistem selama perjalanan dan meningkatkan keamanan perjalanan.


19. **Pertanyaan: Apa pengaruh suhu terhadap kinerja sistem kelistrikan?**

    - Jawaban: Suhu ekstrem dapat mempengaruhi kinerja baterai, alternator, dan komponen lainnya dalam sistem kelistrikan.


20. **Pertanyaan: Apa yang harus dilakukan jika lampu indikator baterai menyala saat mengemudi?**

    - Jawaban: Periksa sistem pengisian dan baterai untuk memastikan bahwa alternator berfungsi dengan baik dan baterai terisi penuh.


SERVICE BERKALA 

Pemeriksaan sepeda motor sebelum dan sesudah service sangat penting untuk memastikan kendaraan tetap beroperasi dengan optimal dan mencegah masalah yang mungkin timbul. Berikut adalah pemeriksaan yang disarankan:


### Sebelum Service:


1. **Pemeriksaan Oli:**

   - Pastikan level oli mesin berada pada batas yang diperlukan.

   - Periksa kondisi dan warna oli untuk mendeteksi adanya kontaminan.


2. **Pemeriksaan Filter Oli:**

   - Periksa filter oli untuk melihat apakah perlu diganti bersamaan dengan penggantian oli.


3. **Pemeriksaan Baterai:**

   - Periksa level air aki (jika berjenis aki basah).

   - Pastikan klem kabel aki kencang dan bersih.

   - Ukur tegangan aki untuk memastikan kesehatan baterai.


4. **Pemeriksaan Sistem Pengapian:**

   - Periksa busi dan ganti jika diperlukan.

   - Cek kabel busi dan distributor (jika ada) untuk keausan atau kerusakan.


5. **Pemeriksaan Sistem Bahan Bakar:**

   - Pastikan tangki bahan bakar terisi.

   - Periksa sistem injeksi atau karburator untuk kebocoran atau masalah lainnya.


6. **Pemeriksaan Rem:**

   - Periksa ketebalan kampas rem dan ganti jika mendekati batas minimum.

   - Periksa cairan rem dan pastikan levelnya cukup.


7. **Pemeriksaan Ban:**

   - Periksa tekanan udara dalam ban dan sesuaikan jika perlu.

   - Periksa kondisi fisik ban untuk memastikan tidak ada retakan atau keausan yang berlebihan.


8. **Pemeriksaan Suspensi:**

   - Periksa sistem suspensi untuk mendeteksi kebocoran atau keausan.

   - Periksa tingkat kekerasan dan kelembutan suspensi.


9. **Pemeriksaan Kelistrikan:**

   - Periksa lampu, klakson, dan sistem elektrikal lainnya.

   - Pastikan semua switch dan tombol berfungsi dengan baik.


10. **Pemeriksaan Sistem Pendingin:**

    - Periksa level cairan pendingin dan tambahkan jika perlu.

    - Pastikan tidak ada kebocoran pada sistem pendingin.


### Sesudah Service:


1. **Pemeriksaan Oli dan Filter Oli:**

   - Periksa kembali level dan kondisi oli setelah penggantian.

   - Pastikan filter oli telah diganti sesuai jadwal.


2. **Pemeriksaan Baterai:**

   - Pastikan kembali kencangnya klem kabel aki.

   - Periksa tegangan aki dan pastikan baterai terisi penuh.


3. **Pemeriksaan Sistem Pengapian:**

   - Pastikan busi yang baru telah terpasang dengan benar.

   - Uji sistem pengapian untuk memastikan kinerjanya.


4. **Pemeriksaan Sistem Bahan Bakar:**

   - Periksa kembali sistem injeksi atau karburator untuk memastikan tidak ada masalah setelah servis.


5. **Pemeriksaan Rem:**

   - Uji fungsi rem secara menyeluruh setelah servis.

   - Pastikan tidak ada kebocoran cairan rem.


6. **Pemeriksaan Ban:**

   - Periksa tekanan udara kembali setelah servis.

   - Pastikan ban terpasang dengan benar dan sejajar.


7. **Pemeriksaan Suspensi:**

   - Pastikan suspensi telah diatur kembali sesuai spesifikasi.

   - Uji respons suspensi setelah servis.


8. **Pemeriksaan Kelistrikan:**

   - Uji semua sistem elektrikal yang telah diservis.

   - Pastikan tidak ada kabel yang terputus atau tidak terhubung dengan baik.


9. **Pemeriksaan Sistem Pendingin:**

   - Periksa level cairan pendingin kembali.

   - Pastikan tidak ada masalah pada sistem pendingin setelah servis.


10. **Pemeriksaan Umum:**

    - Periksa apakah semua baut dan mur yang dilepas selama servis telah dipasang kembali dengan benar.

    - Uji kendaraan untuk memastikan tidak ada suara aneh atau masalah lainnya.


TABELE

Berikut ini adalah format tabel pengecekan untuk pemeriksaan sepeda motor sebelum dan sesudah servis:


**Sebelum Service:**


| No. | Pemeriksaan                              | Hasil Pemeriksaan         |

|-----|------------------------------------------|---------------------------|

| 1   | Level dan kondisi oli mesin              |                           |

| 2   | Kondisi filter oli                       |                           |

| 3   | Kondisi baterai                          |                           |

| 4   | Sistem pengapian                         |                           |

| 5   | Sistem bahan bakar                       |                           |

| 6   | Sistem rem                               |                           |

| 7   | Kondisi ban                              |                           |

| 8   | Sistem suspensi                          |                           |

| 9   | Sistem kelistrikan                       |                           |

| 10  | Sistem pendingin                         |                           |


**Sesudah Service:**


| No. | Pemeriksaan                              | Hasil Pemeriksaan         |

|-----|------------------------------------------|---------------------------|

| 1   | Level dan kondisi oli mesin              |                           |

| 2   | Kondisi filter oli                       |                           |

| 3   | Kondisi baterai                          |                           |

| 4   | Sistem pengapian                         |                           |

| 5   | Sistem bahan bakar                       |                           |

| 6   | Sistem rem                               |                           |

| 7   | Kondisi ban                              |                           |

| 8   | Sistem suspensi                          |                           |

| 9   | Sistem kelistrikan                       |                           |

| 10  | Sistem pendingin                         |                           |

=========================================================================

praktek 


1.overhoul mesin  <nama komponen fungsi ,pengukuran> 

2.overhoul kepala silinder <nama komponen fungsi ,pengukuran>  

3.overhoul shock depan <nama komponen fungsi ,pengukuran> 

4.overhoul rem belakang <nama komponen fungsi ,pengukuran> 

5.overhoul ban <nama komponen fungsi ,pengukuran> 


1.Ahmad sofyan    : head  , ban  ,rem

2. awan fitriah        : mesin , ban 

3. galang andika    : shock , mesin 

4.galang astama      : rem 

5.mujianto              : ban 

6.najril                    : ban . mesin 

7. ibrahim               :

8.alvianto                :



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama