{VISI DAN MISI Visi : Menjadi SMK yang mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah yang kompeten dan berakhlak mulia untuk mengisi pasar kerja di Era Globalisasi. Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat menengah yang berkualitas dalam bidang bisnis dan menejemen.}

OVERHOUL MESIN 1

 **Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk Overhaul Mesin**



**Tujuan:**

Memastikan proses overhaul mesin dilakukan secara sistematis, aman, dan sesuai dengan standar teknis yang berlaku.


**Ruang Lingkup:**

Prosedur ini berlaku untuk seluruh mesin yang memerlukan overhaul di lingkungan kerja.


**Alat dan Bahan:**

1. Peralatan keselamatan (helm, sarung tangan, kacamata pelindung, sepatu keselamatan)

2. Peralatan mekanik (kunci inggris, kunci pas, obeng, tang, dll.)

3. Alat ukur (micrometer, vernier caliper, dial gauge, dll.)

4. Pelumas dan bahan pembersih (oli, grease, pembersih khusus)

5. Spare part dan komponen pengganti sesuai spesifikasi mesin


**Prosedur:**


1. **Persiapan:**

   1.1. Pastikan area kerja bersih dan aman.

   1.2. Kenakan peralatan keselamatan yang sesuai.

   1.3. Siapkan semua alat dan bahan yang diperlukan.

   1.4. Matikan mesin dan pastikan tidak terhubung dengan sumber listrik atau bahan bakar.


2. **Pemeriksaan Awal:**

   2.1. Catat kondisi awal mesin sebelum dibongkar.

   2.2. Periksa dan catat keluhan atau masalah yang ada pada mesin.

   2.3. Foto atau dokumentasikan posisi awal komponen mesin untuk memudahkan pemasangan kembali.


3. **Pembongkaran Mesin:**

   3.1. Lepaskan komponen eksternal seperti penutup mesin, filter, dan kabel.

   3.2. Bongkar bagian-bagian mesin sesuai dengan urutan yang benar.

   3.3. Tempatkan setiap komponen yang dibongkar di tempat yang aman dan beri label.


4. **Pemeriksaan Komponen:**

   4.1. Periksa setiap komponen yang dibongkar untuk melihat tanda-tanda keausan atau kerusakan.

   4.2. Ukur komponen kritis seperti piston, ring piston, crankshaft, dan camshaft menggunakan alat ukur yang sesuai.

   4.3. Catat hasil pemeriksaan dan bandingkan dengan spesifikasi pabrikan.


5. **Pembersihan:**

   5.1. Bersihkan semua komponen mesin dari kotoran, oli, dan sisa-sisa karbon.

   5.2. Gunakan pembersih khusus untuk komponen yang memerlukan perawatan ekstra.


6. **Penggantian dan Perbaikan:**

   6.1. Ganti semua komponen yang aus atau rusak dengan spare part baru sesuai spesifikasi.

   6.2. Lakukan perbaikan pada komponen yang masih bisa diperbaiki.

   6.3. Pastikan semua spare part yang digunakan berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi pabrikan.


7. **Perakitan Kembali:**

   7.1. Pasang kembali semua komponen mesin sesuai dengan urutan yang benar.

   7.2. Pastikan semua baut dan mur terpasang dengan kencang dan benar.

   7.3. Lumasi bagian-bagian mesin yang memerlukan pelumasan.


8. **Pengujian:**

   8.1. Pastikan mesin terhubung dengan benar ke sumber listrik atau bahan bakar.

   8.2. Nyalakan mesin dan lakukan pengujian untuk memastikan semua komponen berfungsi dengan baik.

   8.3. Dengarkan suara mesin dan perhatikan getaran untuk mendeteksi adanya masalah.


9. **Pemeriksaan Akhir:**

   9.1. Catat hasil pengujian dan bandingkan dengan standar performa mesin.

   9.2. Lakukan penyesuaian jika diperlukan untuk mencapai performa optimal.

   9.3. Bersihkan area kerja dan kembalikan alat dan bahan ke tempat semula.


10. **Dokumentasi:**

    10.1. Dokumentasikan seluruh proses overhaul, termasuk hasil pemeriksaan dan pengujian.

    10.2. Simpan dokumentasi untuk referensi dan perawatan di masa mendatang.


**Tanggung Jawab:**

- Teknisi: Melakukan overhaul sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

- Supervisor: Memastikan semua tahapan dilakukan dengan benar dan sesuai standar.


**Keselamatan Kerja:**

- Pastikan semua peralatan keselamatan digunakan dengan benar.

- Selalu matikan mesin dan pastikan tidak ada sumber energi yang terhubung sebelum memulai pembongkaran.

- Jaga kebersihan area kerja untuk menghindari kecelakaan.


Dengan mengikuti SOP ini, diharapkan proses overhaul mesin dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan mesin yang berfungsi optimal sesuai dengan standar yang ditetapkan.

**Komponen-komponen pada Head Mesin**




**1. Silinder Head:**

   - Bagian utama dari head mesin yang menutupi bagian atas silinder dan ruang bakar. Biasanya terbuat dari aluminium atau besi tuang.


**2. Katup (Valve):**

   - **Katup Inlet (Intake Valve):** Katup yang membuka untuk membiarkan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam ruang bakar.

   - **Katup Buang (Exhaust Valve):** Katup yang membuka untuk membuang gas hasil pembakaran dari ruang bakar.


**3. Pegas Katup (Valve Spring):**

   - Pegas yang berfungsi untuk menekan katup kembali ke posisi tertutup setelah dibuka oleh camshaft.


**4. Penopang Katup (Valve Retainer) dan Pengunci Katup (Valve Lock):**

   - Komponen yang menjaga pegas katup tetap pada tempatnya dan mengamankan katup.


**5. Camshaft (Poros Nok):**

   - Poros yang memiliki tonjolan (cam) yang menggerakkan katup untuk membuka dan menutup sesuai dengan siklus mesin.


**6. Rocker Arm:**

   - Tuas yang menghubungkan camshaft dengan katup. Saat camshaft berputar, rocker arm akan menekan katup sehingga katup terbuka.


**7. Push Rod:**

   - Batang yang menghubungkan camshaft dengan rocker arm, digunakan pada mesin dengan overhead valve (OHV).


**8. Tappet (Lifter):**

   - Komponen yang berada di antara camshaft dan push rod atau langsung antara camshaft dan katup. Tappet bergerak mengikuti camshaft dan mendorong push rod atau katup.


**9. Gasket Kepala Silinder (Head Gasket):**

   - Gasket yang terletak di antara silinder head dan blok mesin untuk memastikan tidak ada kebocoran gas pembakaran, cairan pendingin, atau oli.


**10. Busi (Spark Plug):**

   - Komponen yang menyalakan campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar dengan percikan api listrik.


**11. Injector:**

   - Pada mesin dengan injeksi bahan bakar, injector menyemprotkan bahan bakar langsung ke dalam ruang bakar atau intake manifold.


**12. Saluran Pendingin (Cooling Passages):**

   - Saluran di dalam head yang memungkinkan cairan pendingin mengalir untuk menjaga suhu mesin.


**13. Saluran Oli (Oil Passages):**

   - Saluran yang memungkinkan oli mengalir untuk melumasi bagian-bagian yang bergerak di dalam head mesin.


**14. Cover Kepala Silinder (Valve Cover / Rocker Cover):**

   - Penutup yang berada di atas kepala silinder untuk melindungi komponen internal dan mencegah oli keluar.



Dengan memahami komponen-komponen ini, teknisi dapat lebih mudah melakukan perawatan, diagnosa, dan perbaikan pada mesin. Masing-masing komponen memiliki peran penting dalam memastikan mesin berfungsi dengan optimal dan efisien.

**Bagian-bagian Transmisi Sepeda Motor**


Transmisi sepeda motor adalah sistem yang mentransfer daya dari mesin ke roda belakang, memungkinkan pengendara untuk mengontrol kecepatan dan tenaga motor. Berikut adalah komponen utama dalam transmisi sepeda motor:


1. **Kopling (Clutch):**

   - **Kopling Manual:** Sistem yang menghubungkan dan memutuskan tenaga dari mesin ke transmisi. Terdiri dari pelat kopling, pegas, dan rumah kopling.

   - **Kopling Otomatis:** Kopling yang bekerja otomatis dengan menggunakan gaya sentrifugal untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga.


2. **Rantai atau Sabuk Penggerak (Drive Chain or Belt):**

   - Menghubungkan transmisi ke roda belakang, mentransfer daya untuk menggerakkan motor.


3. **Roda Gigi Utama (Primary Gear):**

   - Roda gigi yang langsung terhubung dengan crankshaft dan memindahkan tenaga ke sistem transmisi.


4. **Poros Primer (Mainshaft/Primary Shaft):**

   - Poros yang membawa roda gigi utama dan memindahkan tenaga dari kopling ke roda gigi transmisi.


5. **Poros Sekunder (Countershaft/Secondary Shaft):**

   - Poros yang membawa roda gigi sekunder yang menghubungkan ke rantai atau sabuk penggerak roda belakang.


6. **Roda Gigi Transmisi (Transmission Gears):**

   - Rangkaian roda gigi yang mengubah rasio gear untuk menyesuaikan kecepatan dan torsi. Biasanya terdiri dari roda gigi untuk gigi 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.


7. **Shift Fork:**

   - Komponen yang menggerakkan roda gigi transmisi ke posisi yang diinginkan saat pengendara mengoper gigi.


8. **Shift Drum:**

   - Komponen berbentuk drum yang memiliki alur untuk mengarahkan shift fork saat pengendara mengoper gigi.


9. **Shift Lever (Pedal Gigi):**

   - Tuas yang digunakan pengendara untuk mengoper gigi transmisi.


10. **Synchronizer (pada beberapa model):**

    - Mekanisme yang menyamakan kecepatan roda gigi yang berbeda sebelum digabungkan untuk meminimalkan guncangan saat pergantian gigi.


11. **Penutup Transmisi (Transmission Cover):**

    - Pelindung yang melindungi komponen transmisi dari debu, kotoran, dan kerusakan luar.


12. **Bearing dan Bushing:**

    - Komponen yang mendukung dan meminimalkan gesekan pada poros-poros dalam transmisi.


13. **Minyak Transmisi (Transmission Oil):**

    - Pelumas yang menjaga komponen transmisi bekerja dengan halus dan mencegah keausan berlebihan.



**Cara Kerja Transmisi Sepeda Motor:**


1. **Saat Mesin Hidup:**

   - Kopling menghubungkan crankshaft dengan transmisi.

2. **Pengoperan Gigi:**

   - Pengendara menekan tuas kopling dan menggunakan shift lever untuk memindahkan gigi.

   - Shift drum memutar dan menggerakkan shift fork untuk mengubah posisi roda gigi.

3. **Tenaga Ditransfer:**

   - Setelah gigi terhubung, kopling dilepas, dan tenaga dari mesin ditransfer melalui poros primer, roda gigi transmisi, poros sekunder, dan akhirnya ke rantai atau sabuk penggerak menuju roda belakang.


Dengan memahami komponen dan cara kerja transmisi sepeda motor, perawatan dan perbaikan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama