{VISI DAN MISI Visi : Menjadi SMK yang mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah yang kompeten dan berakhlak mulia untuk mengisi pasar kerja di Era Globalisasi. Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat menengah yang berkualitas dalam bidang bisnis dan menejemen.}

MATERI KLS X < BAN >

Ban sepeda motor memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting untuk kinerja dan keamanan selama berkendara. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari ban sepeda motor:


1. **Penyok Absorber:**

   Ban berfungsi sebagai penyok absorber (penyerap goncangan) dari ketidaksempurnaan jalan, seperti lubang, gundukan, dan ketidakrataan lainnya. Ini membantu menciptakan perjalanan yang lebih nyaman bagi pengendara dan penumpang.


2. **Pemberian Daya Traction:**

   Permukaan ban memberikan daya cengkeram pada jalan, memungkinkan sepeda motor untuk melaju dan berbelok dengan baik. Cengkeram yang memadai sangat penting untuk keamanan dan kontrol kendaraan.


3. **Pemberian Stabilitas:**

   Ban memberikan stabilitas pada sepeda motor. Ban yang benar-benar berfungsi dengan baik membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas kendaraan saat bergerak, terutama saat melibas tikungan atau berpindah jalur.


4. **Mengurangi Gesekan:**

   Ban sepeda motor dirancang untuk mengurangi gesekan dengan jalan, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kinerja kendaraan. Ban yang sesuai membantu mengurangi hambatan yang dapat mempengaruhi kecepatan dan konsumsi bahan bakar.


5. **Menyokong Beban Kendaraan:**

   Ban menopang beban seluruh kendaraan dan penumpangnya. Ban yang dirancang untuk menahan beban sesuai dengan kapasitas berat sepeda motor dan membantu menjaga keseimbangan selama berkendara.


6. **Memberikan Keamanan dalam Pengereman:**

   Ban yang berfungsi dengan baik memainkan peran penting dalam sistem pengereman. Mereka membantu mendistribusikan gaya pengereman dengan merata, memastikan kendaraan dapat berhenti dengan efisien dan aman.


7. **Pengaruh Handling:**

   Ban memengaruhi handling (kemampuan mengendalikan kendaraan) sepeda motor. Ban yang tepat dapat memberikan respons yang baik terhadap kemudi dan memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.


8. **Menyediakan Kontak dengan Jalan:**

   Hanya sebagian kecil dari ban yang sebenarnya bersentuhan dengan jalan pada suatu waktu. Kontak ini sangat penting untuk memberikan traksi dan kendali selama berkendara.


Kode pada ban sepeda motor mengandung informasi tentang spesifikasi dan karakteristik ban. Berikut adalah contoh kode yang umum ditemui pada sisi ban:


1. **Contoh Kode Umum:**

   - Contoh: 120/70 R17

     - **120:** Lebar ban dalam milimeter.

     - **70:** Rasio aspek, yang merupakan persentase dari lebar ban. Dalam contoh ini, rasio aspek adalah 70%, yang berarti tinggi ban adalah 70% dari lebar.

     - **R:** Tipe konstruksi ban. "R" menunjukkan ban radial.

     - **17:** Diameter dalam inci dari diameter lingkaran dalam ban.


2. **Kode Kecepatan:**

   - Contoh: 120/70 R17 58W

     - **58W:** Kode kecepatan maksimum yang dapat dicapai oleh ban. Kode ini menunjukkan kecepatan maksimum dalam kondisi penggunaan normal.


3. **Indeks Beban:**

   - Contoh: 120/70 R17 58W

     - Angka sebelum kode kecepatan (58) adalah indeks beban. Indeks beban menunjukkan kapasitas maksimum beban yang dapat ditanggung oleh ban.


4. **Merek dan Model:**

   - Beberapa produsen ban dapat menambahkan informasi tambahan, seperti merek dan model ban, logo perusahaan, dan informasi lainnya.


5. **Tanda Tambahan:**

   - Tanda tambahan, seperti "DOT" (Department of Transportation), dapat menunjukkan bahwa ban memenuhi standar keamanan dan regulasi pemerintah.

Standar Operasional Prosedur (SOP) penggantian ban sepeda motor adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk memastikan penggantian ban dilakukan dengan benar dan aman. Berikut adalah SOP umum untuk penggantian ban sepeda motor:


1. **Persiapan Alat dan Peralatan:**

   - Pastikan Anda memiliki alat yang diperlukan, seperti kunci pas, palu karet, pengangkat sepeda motor, dan jack stand.

   - Pilih ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan kondisi penggunaan.


2. **Pengecekan Keamanan:**

   - Pastikan sepeda motor berada di permukaan yang datar dan aman.

   - Pasang sepeda motor di atas jack stand untuk memberikan kestabilan ekstra selama proses penggantian.


3. **Lepaskan Ban Lama:**

   - Gunakan kunci pas untuk melepas baut pengencang ban.

   - Angkat sepeda motor agar ban lepas dari tanah.

   - Lepaskan ban lama dengan hati-hati.


4. **Pengecekan Komponen Lain:**

   - Selagi ban dilepas, periksa komponen lain seperti rem, suspensi, dan bagian lainnya untuk memastikan tidak ada kerusakan atau masalah lainnya.


5. **Pemasangan Ban Baru:**

   - Pasang ban baru pada roda dengan memasukkan pegangan ban ke dalam poros dengan benar.

   - Pastikan ban duduk dengan rapi dan sejajar dengan poros.


6. **Pengencangan Baut Ban:**

   - Kencangkan baut ban secara merata dengan menggunakan kunci pas.

   - Gunakan torsi yang sesuai sesuai dengan rekomendasi pabrikan.


7. **Tekanan Udara:**

   - Pastikan untuk memeriksa dan mengisi tekanan udara pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

   - Tekanan udara yang tepat mempengaruhi traksi, umur pakai ban, dan efisiensi bahan bakar.


8. **Pengecekan Keseimbangan Ban:**

   - Pengecekan keseimbangan ban dapat dilakukan dengan mesin penyeimbang ban di bengkel.

   - Pengecekan ini membantu mengurangi getaran dan memberikan kenyamanan saat berkendara.


9. **Rekam Jarak Tempuh dan Tanggal Penggantian Ban:**

   - Catat jarak tempuh saat penggantian ban dan tanggal pelaksanaannya.

   - Ini membantu Anda untuk mengikuti jadwal perawatan dan menggantinya sesuai dengan waktu yang disarankan.


10. **Pengecekan Kembali Pengencangan:**

    - Periksa kembali kencangan baut ban setelah beberapa perjalanan pertama setelah penggantian.


11. **Pengecekan Pengaturan dan Posisi:**

    - Pastikan roda berada dalam posisi yang tepat dan sejajar.

    - Pengecekan ini membantu mencegah keausan ban yang tidak merata.


12. **Pemeriksaan Uji Coba:**

    - Lakukan uji coba pendek untuk memastikan ban terpasang dengan aman dan tidak ada masalah yang muncul.


Umur ban dapat dilihat dari DOT code (Department of Transportation) yang terdapat pada sisi ban. DOT code memberikan informasi tentang tanggal produksi ban. Format DOT code biasanya terdiri dari beberapa angka dan huruf, dan dua digit terakhir mewakili minggu dan tahun produksi.


Contoh DOT code: XXXX XXXX 2518


Dalam contoh ini, "2518" menunjukkan bahwa ban tersebut diproduksi pada minggu ke-25 tahun 2018. Oleh karena itu, umur ban ini dapat dihitung dari waktu produksinya.

Ulir ban (tread pattern) adalah pola yang terbentuk oleh goresan atau tata letak blok-blok pada permukaan ban sepeda motor. Desain ulir ban memainkan peran penting dalam kinerja ban pada berbagai kondisi jalan dan cuaca. Berikut adalah beberapa pengaruh dari ulir ban terhadap performa sepeda motor:


1. **Traksi:**

   - Pola ulir ban berpengaruh langsung pada kemampuan ban untuk memberikan traksi pada berbagai kondisi permukaan jalan. Desain ulir yang baik dapat meningkatkan daya cengkeram dan traksi sepeda motor.


2. **Evakuasi Air (Aquaplaning):**

   - Bagian-bagian alur pada ulir ban dirancang untuk membantu mengalirkan air dari bawah ban, mengurangi risiko terjadinya aquaplaning atau hilangnya traksi saat melalui genangan air.


3. **Kenyamanan Berkendara:**

   - Pola ulir juga dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Desain yang efisien dapat membantu meredam getaran dan kebisingan saat berkendara.


4. **Handling dan Stabilitas:**

   - Pola ulir berkontribusi pada handling dan stabilitas sepeda motor. Desain yang tepat dapat meningkatkan kemampuan sepeda motor dalam menangani tikungan dan memberikan stabilitas selama berkendara.


5. **Umur Pakai Ban:**

   - Pola ulir juga mempengaruhi umur pakai ban. Sebagian besar ban memiliki lapisan karet di tengah-tengah ulir untuk memberikan umur pakai yang lebih lama.


6. **Performa pada Kondisi Khusus:**

   - Beberapa desain ulir ban dirancang untuk performa khusus pada jenis jalan atau kondisi tertentu, seperti ban untuk jalan aspal, off-road, atau ban untuk musim salju.


7. **Pengurangan Pemanasan:**

   - Desain ulir yang baik juga dapat membantu mengurangi pemanasan berlebihan pada ban selama penggunaan intensif atau di kondisi suhu tinggi.


Berbagai macam ulir pada ban (tread pattern) dirancang untuk memenuhi kebutuhan beragam kondisi berkendara dan lingkungan. Setiap desain ulir memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Berikut adalah beberapa macam ulir pada ban dan kegunaannya:


1. **Ban Slick:**

   - **Karakteristik:** Tidak memiliki alur atau ulir.

   - **Kegunaan:** Ban slick umumnya digunakan di lintasan balap kering. Tanpa alur, ban ini memberikan lebih banyak kontak langsung dengan permukaan jalan untuk meningkatkan traksi pada lintasan kering.


2. **Ban Semi-Slick:**

   - **Karakteristik:** Memiliki sebagian alur dan sebagian permukaan tanpa alur.

   - **Kegunaan:** Cocok untuk penggunaan di lintasan balap kering dengan beberapa kondisi basah. Memberikan keseimbangan antara traksi pada lintasan kering dan evakuasi air pada kondisi basah.


3. **Ban On-Road atau Street:**

   - **Karakteristik:** Memiliki alur dan blok-blok pola ulir yang lebih teratur.

   - **Kegunaan:** Dirancang untuk kondisi penggunaan sehari-hari pada jalan aspal. Menyediakan traksi yang baik pada berbagai kondisi jalan dan umumnya tahan lama.


4. **Ban Off-Road atau All-Terrain:**

   - **Karakteristik:** Memiliki alur yang lebih dalam, blok-blok yang kasar, dan pola ulir yang lebih agresif.

   - **Kegunaan:** Cocok untuk berkendara di permukaan non-aspal seperti tanah, kerikil, atau lumpur. Memberikan traksi yang baik di medan off-road.


5. **Ban Touring:**

   - **Karakteristik:** Desain ulir yang dirancang untuk kenyamanan dan ketahanan jarak jauh.

   - **Kegunaan:** Cocok untuk perjalanan panjang di jalan aspal. Menyediakan kenyamanan dan umur pakai yang baik.


6. **Ban Rain atau Wet Weather:**

   - **Karakteristik:** Memiliki alur yang lebih dalam dan lebih banyak siping (goresan kecil).

   - **Kegunaan:** Dirancang untuk memberikan traksi yang lebih baik pada kondisi basah. Alur yang lebih dalam membantu mengalirkan air dengan efisien.


7. **Ban Winter atau Snow:**

   - **Karakteristik:** Blok-blok ulir yang lebih besar dan lebih banyak siping.

   - **Kegunaan:** Cocok untuk berkendara pada salju atau kondisi berlapis es. Desain ini membantu meningkatkan traksi pada permukaan yang licin.


8. **Ban Dual-Sport atau Adventure:**

   - **Karakteristik:** Kombinasi antara ban on-road dan off-road dengan blok ulir yang lebih besar.

   - **Kegunaan:** Cocok untuk sepeda motor dual-sport yang digunakan baik di jalan aspal maupun medan off-road ringan.


TUGAS : 

- PRINT OUT INFORMASI BAN 

- BUAT JURNAL PRESENTASI 



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama