{VISI DAN MISI Visi : Menjadi SMK yang mampu menyiapkan Sumber Daya Manusia Tingkat Menengah yang kompeten dan berakhlak mulia untuk mengisi pasar kerja di Era Globalisasi. Misi : Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kejuruan tingkat menengah yang berkualitas dalam bidang bisnis dan menejemen.}

LAPORAN PKL TBSM

 LAPORAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

PADA

yammaha....

“PROSES PRODUKSI VIDEO PROFIL PERUSAHAAN/PROSES PRODUKSI KALENDER/......................................................”

 

 

 

 

 

Disusun Oleh:

Nama               : .....................................................

Kelas               : .....................................................

NIS/NISN       : .....................................................

 

 

 

 

PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR

SMK TRI SUKSES NATAR LAMPUNG SELATAN

2023

LEMBAR PENGESAHAN

 

Laporan Praktek Kerja Industri yang telah dilaksanakan oleh:

Nama                                       : ……………………………

Kelas                                       : XI TBSM

NIS/NISN                               : ……………………………

Kompetensi Keahlian            : Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

 

Ditulis sebagai syarat untuk mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dan Ujian Sekolah (US).

 

 

Menyetujui,

 

 

Pembimbing Sekolah,

 

 

 

 

..................................

 

Pembimbing DU/DI,

 

 

 

 

..................................

 

 

Ketua Program Keahlian

Keahlian TBSM

 

 

 

 

Joni Achmad Saputra, M.Pd.

 

 

 

Pimpinan DU/DI

PT/Nama Kantor......

 

 

 

 

..................................

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Tri Sukses

 

 

 

 

Yoni Hisbullah, S.Kom.

NIY. 120 216 115

 

 

 

BIODATA SISWA PRAKERIN

 

Nama                                       : ..................................................................................

Jenis Kelamin                                     : Laki-Laki/Perempuan

Tempat/Tanggal Lahir            : ..................................................................................

NIS/NISN                               : ..................................................................................

Agama                                     : Islam

Kelas/Kompetensi Kehalian   : XI TBSM / Teknik dan Bisnis Sepeda Motor

Tempat PRAKERIN               : ..................................................................................

Asal Sekolah                           : SMK TRI SUKSES

Alamat Sekolah                      : Jl. Serbajadi 2, Pemanggilan, Natar, Lamsel

Alamat Rumah                        : ..................................................................................

Nomor Telepon/HP                : ..................................................................................

Nama Orang Tua/Wali           :

a.     Ayah                           : ..................................................................................

b.     Text Box: 3 x 4Ibu                               : ..................................................................................

 

MOTTO

 

1.     Semua yang terjadi adalah takdir, namun takdir bisa diubah dengan cara berusaha dan berikhtiar semaksimal mungkin

2.      Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. (Q.S Al-Insyirah 7-8).

 

 

PERSEMBAHAN

 

Laporan PRAKERIN ini dipersembahkan kepada:

1.     Kepala Sekolah SMK Tri Sukses Lampung

2.     Pembimbing, Guru-guru dan Staf Karyawan SMK Tri Sukses Lampung

3.     Orang tua dan keluarga yang telah mendoakan, membiayai, mendukung dan memberikan semangat sampai selesainya pelaksanaan PRAKERIN

4.     Pembimbing Instansi dan semua karyawan PT/CV/YAYASAN/Kantor ....

5.     Teman-teman seperjuangan

6.     Adik-adik kelas semuanya yang akan melaksanakan kegiatan PRAKERIN untuk program kegiatan periode selanjutnya.

 

KATA PENGANTAR

 

Dengan mengucap syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa melimpahkan berkah, rahmat, taufiq, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Praktik Kerja Industri di PT/ Kantor……………. Laporan ini di buat berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan siswa selama berada di dunia industri. Laporan ini disusun sebagai pertanggungjawaban siswa selama PRAKERIN dan berfungsi sebagai acuan dalam ujian yang dilaksanakan setelah siswa melaksanakan praktik di dunia industri.

Pelaksanaan PRAKERIN dapat berjalan lancar karena adanya dukungan kerja sama yang baik dari berbagai pihak. Pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:

1.     Bapak Yoni Hisbullah, S.Kom., selaku kepala SMK Tri Sukses Lampung.

2.     Joni Achmad Saputra, M.Pd., selaku Ketua Program Keahlian TBSM

3.      …………………… selaku Pimpinan PT/Kepala Kantor ...……………

4.     …….selaku guru pembimbing selama pelaksanaan Praktik Kerja Industri

5.     …………….. selaku pembimbing pada PT/Kantor …………….……...

6.     Seluruh staf dan karyawan PT/Kantor………………….

7.     Dewan guru beserta staf atas bimbingannya selama penulis belajar di SMK Tri Sukses

8.     Teman-teman yang membantu hingga terselesainya laporan Praktik Kerja Industri ini.

Penulis menyadari akan kekurangan-kekurangan dalam pembuatan laporan ini yang harus dibenahi, oleh karena itu penulis mengharapkan masukan kritik dan saran yang bersifat membangun guna sempurnanya laporan ini di masa mendatang. Akhir kata penulis mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan. Semoga laporan Praktik Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Natar, ........ 2023

Penulis

DAFTAR ISI

 

LEMBAR PENGESAHAN............................................................................. ii

BIODATA SISWA PRAKERIN.................................................................... iii

MOTTO.......................................................................................................... iv

PERSEMBAHAN........................................................................................... iv

KATA PENGANTAR...................................................................................... v

DAFTAR ISI................................................................................................... vi

DAFTAR GAMBAR..................................................................................... vii

DAFTAR TABEL.......................................................................................... vii

DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................. vii

BAB I PENDAHULUAN................................................................................ 1

A. LATAR BELAKANG............................................................................. 1

B. DASAR HUKUM.................................................................................... 2

C. TUJUAN PRAKERIN............................................................................. 2

D. MANFAAT PRAKERIN......................................................................... 2

1. Manfaat Bagi Sekolah.......................................................................... 2

2. Manfaat Bagi Praktikan / Peserta Didik............................................... 3

BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN.......................................................... 4

A. SEJARAH ... (Diisi nama perusahaan/kantor)....................................... 4

B. STRUKTUR ORGANISASI................................................................... 4

C. KEDUDUKAN DAN LETAK................................................................. 4

D. PROSEDUR PELAYANAN................................................................... 4

BAB III PELAKSANAAN PRAKERIN.......................................................... 5

A. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN..................... 5

B. BAHAN DAN ALAT.............................................................................. 5

C. FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PELAKSANAAN PRAKERIN.................................................................................................. 5

D. RUANG LINGKUP PEKERJAAN TEKNIS.......................................... 5

BAB IV PENUTUP......................................................................................... 6

DAFTAR PUSTAKA....................................................................................... 7

LAMPIRAN-LAMPIRAN............................................................................... 8

 

 

DAFTAR GAMBAR

(dibuat jika ada gambar lebih dari 2 gambar)

Contoh:

Gambar 1 Struktur Organisasi..............................................................................

Gambar 2 Peta Lokasi .........................................................................................

Gambar 3 Ruang Kerja Prakerin .........................................................................

Gambar 4 Alat Produksi......................................................................................

Gambar 5 Membuat ..................................................................................

Gambar 6 Produk yang dihasilkan.......................................................................

Dan seterusnya....

 

DAFTAR TABEL

(dibuat jika ada tabel lebih dari 2 tabel)

Contoh:

Tabel 1 Alat dan bahan di tempat prakerin..........................................................

Tabel 2 Spesifikasi alat produksi/............................................................

Tabel 3 Spesifikasi mesin ........................................................

Tabel 4 Daftar harga............................................................................................

Dan seterusnya...

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran 1 Daftar Hadir PRAKERIN............................................................. 8

Lampiran 2 Jurnal Kegiatan PRAKERIN........................................................ 9

Lampiran 3 Nilai PRAKERIN....................................................................... 10

Lampiran 4 Foto-Foto Kegiatan PRAKERIN................................................ 11

 

 


BAB I PENDAHULUAN

 

A. LATAR BELAKANG

SMK merupakan jenjang pendidikan yang mengutamakan pengembangan kemampuan peserta didik untuk dapat bekerja pada bidang tertentu, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja, melihat peluang kerja dan dapat mengembangkan diri di Era Globalisasi.

SMK menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan di berbagai Program Keahlian yang disesuaikan dengan lapangan kerja. Program Keahlian tersebut dikelompokkan menjadi bidang keahlian sesuai dengan kelompok bidang industri / bidang usaha / asosiasi profesi. Jenis bidang dan program keahlian ditetapkan oleh direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Substansi atau materi yang diajarkan di SMK disajikan sesuai dengan Kurikulum 2013 (K-13) yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Pendidikan Nasional Pusat, dan dilaksanakan dalam berbagai jenis kompetensi yang dinilai penting dan perlu bagi peserta didik dalam menjalani kehidupan sesuai dengan zamannya. Kompetensi dimaksud meliputi Kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi kader bangsa yang cerdas dan pekerja yang berkompeten, sesuai dengan Standar Kompetensi yang ada dalam Dunia Usaha / Dunia Industri / Asosiasi Profesi.

Pendidikan di SMK dapat menerapkan berbagai pola penyelenggaraan pendidikan yang dapat dilaksanakan secara terpadu, seperti: Pola Pendidikan Sistim Ganda (PSG) yaitu Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dan pendidikan jarak jauh.

PRAKERIN adalah pola penyelenggaraan pendidikan yang dikelola bersama-sama antara SMK dengan Dunia Usaha / Dunia Industri / Asosiasi Profesi, Pemerintah sebagai Institusi Pasangan (IP), mulai dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan, hingga tahap Evaluasi dan Sertifikasi yang merupakan satu kesatuan program. Durasi pelaksanaan PRAKERIN ini 3 bulan atau 6 bulan efektif sesuai dengan permintaan DU/DI. Pola Praktik Kerja Industri diterapkan dalam proses penyelenggaraan SMK dalam rangka lebih mendekatkan mutu lulusan dengan kemampuan yang diminati oleh dunia usaha / Dunia Industri / Asosiasi Profesi (Pemerintah).

Dengan demikian, seorang siswa dikatakan mampu mengembangkan kecakapan / keterampilan hidupnya jika menguasai dengan sungguh-sungguh seluk beluk keahliannya secara tuntas.

Harapan utama dari kegiatan PRAKERIN ini yaitu:

1.       meningkatkan keahlian profesional peserta didik agar sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia kerja,

2.       peserta didik memiliki etos kerja yang meliputi: kemampuan bekerja, motivasi kerja, inisiatif, kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu, dan kerajinan dalam bekerja.

B. DASAR HUKUM

Adapun landasan hukum pelaksanaan PRAKERIN adalah:

1.       UU No. 20 / 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2.       PP. Nomor: 29 / 1990 tentang Pendidikan Menengah

3.       Kep. Menaker No: 285/MEN/1991 tentang Pelaksanaan Permagangan Nasional

4.       PP No: 39 / 1992 tentang peranan Masyarakat dalam Pendidikan Nasional

5.       Surat Keputusan Mendikbud Nomor: 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan

6.       Surat Keputusan Mendikbud No: 080/U/1993 tentang Kurikulum SMK sebagaimana telah diubah menjadi Kurikulum SMK Edisi 1999

7.       Surat keputusan Kepala SMK Tri Sukses Lampung

 

C. TUJUAN PRAKERIN

Penyelenggaraan PRAKERIN bertujuan untuk:

1.       Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

2.       Memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match) antara SMK dan Industri.

3.       Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.

4.       Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

D. MANFAAT PRAKERIN

Kerja sama antara SMK dengan dunia usaha/industri atau instansi dilaksanakan dalam prinsip saling membantu, saling mengisi, dan saling melengkapi untuk keuntungan bersama. Berdasarkan prinsip ini, pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) akan memberi nilai tambah bagi pihak-pihak yang bekerja sama, sebagai berikut:

1. Manfaat Bagi Sekolah

Tujuan pendidikan untuk memberi keahlian profesional bagi peserta didik lebih terjamin pencapaiannya. Terdapat kesesuaian yang lebih pas antara program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja (sesuai dengan prinsip Link and Match). Memberi kepuasan bagi penyelenggaraan pendidikan sekolah karena tamatannya lebih terjamin memperoleh bekal yang bermanfaat, baik untuk kepentingan tamatan, kepentingan dunia kerja, dan kepentingan bangsa.

2. Manfaat Bagi Praktikan / Peserta Didik

Hasil belajar peserta Praktik Industri akan lebih bermakna, karena setelah tamat akan betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan taraf hidupnya dan sebagai bekal untuk pengembangan dirinya secara berkelanjutan. Keahlian profesional yang diperoleh dapat mengangkat harga diri dan rasa percaya diri tamatan, yang selanjutnya akan mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian profesionalnya pada tingkat yang lebih tinggi.

 

 


BAB II GAMBARAN PERUSAHAAN

 

A. SEJARAH ... (Diisi nama perusahaan/kantor)

PT/CV/YAYASAN/......... adalah perusahaan/tempat usaha/.... yang didirikan pada tahun .... PT/CV/YAYASAN/......... didirikan oleh ............ PT/CV/YAYASAN/......... adalah perusahaan yang bergerak di bidang ...................

Pada awal pendirian, PT/CV/YAYASAN/......... melayani/memproduksi/..........

(silahkan dikembangkan sesuai dengan sejarah tempat PRAKERIN).

B. STRUKTUR ORGANISASI

Berikut adalah struktur organisasi dari PT/CV/YAYASAN/.........

....

(buatlah dalam bentuk bagan struktur organisasi)

C. KEDUDUKAN DAN LETAK

PT/CV/YAYASAN/......... beralamat lengkap di ....................... No Telp/HP ...

...

Berikut peta lokasi PT/CV/YAYASAN/......... (Google Maps) pada koordinat ...., .....

 

 

D. PROSEDUR PELAYANAN

Prosedur pelayanan yang dilakukan pada PT/CV/YAYASAN/......... dalam melayani konsumen/pelanggan adalah sebagai berikut:

...

(uraikan secara detail layanan yang diberikan tempat PRAKERIN, usahakan jelaskan semua prosedur layanan yang ada di tempat tersebut)

 

 

 

 


BAB III PELAKSANAAN PRAKERIN

 

A. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PRAKERIN

...

...

...

B. BAHAN DAN ALAT

...

....

...

Pada bagian ini tuliskan semua alat dan bahan yang digunakan di tempat prakerin.

Jelaskan spesifikasi, tipe, dan kegunaaan alat dan bahan yang digunakan.

 

C. FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PELAKSANAAN PRAKERIN

...

...

....

D. RUANG LINGKUP PEKERJAAN TEKNIS

....

....

....

Jelaskan secara mendetail pekerjaan teknis yang dilakukan dalam PKL.

Contohnya menjelaskan proses produksi/pencetakan kemasan produk dari awal mendesain sampai jadi produk tersebut. Disertai dengan screenshot ketika mendesain dan foto-foto prosesnya.

 

 


BAB IV PENUTUP

 

Demikian Laporan PRAKERIN ini disusun untuk dijadikan sebagai laporan atau bukti telah melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri. Kritik dan saran yang membangun selalu diharapkan untuk melakukan perbaikan ke depannya. ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

 

 

 


DAFTAR PUSTAKA

 

......

(jika tidak ada dihapus saja)

 

 


LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

Lampiran 1 Daftar Hadir PRAKERIN

(foto daftar hadir, dan paste di sini)


Lampiran 2 Jurnal Kegiatan PRAKERIN

 

 


Lampiran 3 Nilai PRAKERIN

 

 


Lampiran 4 Foto-Foto Kegiatan PRAKERIN

 

 

 



### Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL)




GAMMA.APK < materi pm>

AWAN <+62 895-3234-57145>

https://gamma.app/docs/Untitled-zpf5n2nlnf0oxvs 

https://gamma.app/docs/Untitled-4holeq2mbrc6y2v

https://gamma.app/docs/Untitled-778hi5v4v0k1bfj

https://gamma.app/docs/Untitled-gpcp4iviytd8kwg

https://gamma.app/docs/Untitled-0z2c1fqejz7us6t

https://gamma.app/docs/Untitled-8qhzfp4svfbtky0 

ANDIKA <+62 895-0109-2139>

https://gamma.app/docs/Untitled-8w74x87sa4blmab

https://gamma.app/docs/Untitled-xaiwe1339ppb2bj

https://gamma.app/docs/Untitled-d0ydl1ejtnsew2o

https://gamma.app/docs/Untitled-ocl16jjm76g1kie

https://gamma.app/docs/Untitled-l3f2p4tsq208uqb

ASTAMA <+62 896-8224-9417>

https://gamma.app/docs/Untitled-p0v4gpc1an2uha8

https://gamma.app/docs/Untitled-22dp7v3v4dm0vps

https://gamma.app/docs/Untitled-779xvp2yo262jhu

https://gamma.app/docs/Untitled-9wkx90l3smnp5kw

https://gamma.app/docs/Untitled-0jzzbvoriwdvqck 

NAJRIL < +62895-1908-1213>

https://gamma.app/docs/Untitled-h8n7smyac09tjpp

https://gamma.app/docs/Untitled-1whz4mt5r3p3awa 

https://gamma.app/docs/Untitled-02dtf1z8fvklgyi

https://gamma.app/docs/Untitled-zskza5l4wjjjsem

https://gamma.app/docs/Untitled-g88jhifgj0qtfk9

A.SOFYAN <+62 857-7253-4246>

https://gamma.app/docs/Untitled-0kmn1bzdsvd9d87

https://gamma.app/docs/Untitled-rdhx00f9zs3xcj7

https://gamma.app/docs/Untitled-h6uebkb6bxj2vjv 

https://gamma.app/docs/Untitled-z6y3p06ysfdhs8a 

https://gamma.app/docs/Untitled-eog55oa9k436ovf


M.MUJIANTO <+62-9530709260>

https://gamma.app/docs/Untitled-0ala5s5rgsvh4l1 

https://gamma.app/docs/Untitled-v68fj776n0a9wwz 

https://gamma.app/docs/Untitled-b9zkd6h3hv0p38x

https://gamma.app/docs/Untitled-gqi9cmbqztcll1f

https://gamma.app/docs/Untitled-zr3ke7en944tuow


M.ALVIANTO <+62 838-1960-7167>

https://gamma.app/docs/Untitled-wem18pbfi3oa7x6 

https://gamma.app/docs/Untitled-gab68vohhe9y6gy

https://gamma.app/docs/Untitled-3528vfn5ekj0gh9

https://gamma.app/docs/Untitled-sp3rkyllst9czdi

https://gamma.app/docs/Untitled-ely9w3cuu8ynmt7





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama